Bentrok Dengan Persib, Debat Kurang Greget

602
ACHMAD NUGRAHA/JABAR EKSPRES
KURANG GAIRAH: Pasangan calon Wali Kota Bandung nomor urut satu Nurul Arifin dan Chairul Yaqin Hidayat pada acara debat Publik.

BANDUNG – Pelaksanaan debat Pilwalkot yang dilaks­anakan bertepatan dengan jadwal pertandingan Sepak Bola Persib melawan Arema Malang dinilai berbagai kalangan tidak memiliki pesan yang bisa disampai­kan ke Masyarakat,
Meskipun gelaran debat publik ditayangkan secara langsung stasiun televisi nasional (TV One) pukul 19.30 hingga 21.30 WIB. Pada waktu itu konsen­trasi masyarakat banyak terpusat pada pertanding­an Persib yang di putar secara langsung oleh TV nasional lainnya.

Menanggapi hal ini, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung, Rifqi Ali Mubarok mengaku, saat penetapan jadwal debat, pi­haknya tidak terlalu mem­pertimbangkan aspek waktu. Bahkan, panitia tidak menge­tahui sama sekali kalau pada hari itu ada pertandingan Persib di Liga 1.

Menurutnya, Jadwal debat KPU Kota Bandung sudah ditentukan jauh-jauh hari. Namun, terkait hal ini, KPU sudah melakukan upaya agar jadwal debat tidak bersinggungan, sehingga minat masyarakat tetap bisa menonton kedua ta­ya­ng­an tersebut.

ads

“Kalau mengubah jadwal keseluruhan perlu perte­muan dengan paslon dan tim kampanye. Tapi, kami hingga saat ini tidak menda­pat keberatan secara tertu­lis dari ketiga paslon, hanya secara lisan,” tuturnya Rifqi dalam Konperensi Pers De­bat kemarin (15/4).

Di sisi lain Rifki menje­laskan, gelaran debat itu tidak begitu tepat berba­rengan dengan pertanding­an Persib. Sebab, pertan­dingan sepak bola tayang satu jam lebih cepat dari debat pilwalkot.

Di tempat sama sebelum­nya Calon Wakil Wali Kota Ruli Hidayat yang berpa­sangan dengan nurul Arifin mengaku kecewa dengan pelaksanaan debat publik kedua ini.

Menurutnya, waktu debat berbarengan dengan pertan­dingan Persib. Untuk dike­tahui, pertandingan Persib melawan Arema FC dalam lanjutan Liga 1 2018 akan dimulai pukul 18.30 WIB. Sementara debat publik ke-dua Pilwalkot Bandung akan dimulai pukul 19.30 WIB yang juga disiarkan langs­ung di tv nasional.

’’Hampir dapat dipastikan masyarakat akan lebih me­milih menonton Persib ketimbang debat Pilwalkot. Hal ini mengingat tingginya animo masyarakat Bandung untuk menonton setiap pertandingan Persib,’’kata Ruli. (mg1/yan)

~ads~

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.