Belajar Menjadi Guru Efektif

PENDIDIKAN Indonesia masih tertinggal dengan negara-negara yang lain saat ini. Negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura pendidikannya sudah tinggi sehingga sumber daya manusia di Negara tersebut berkualitas dan memiliki keahlian, rata-rata masyarakatnya sekolah sampai tingkat sarjana berbeda dengan Indonesia yang masih tertinggal. Inilah salah satu faktor masalah yang ada di Indonesia yakni pendidikan yang masih rendah. Oleh karena itu, Indonesia harus mampu meningkatkan mutu pendidikan, sehingga tidak kalah bersaing dengan negara lain. Negara kita harus mencetak orang-orang yang berjiwa mandiri dan mampu berkompetisi di tingkat dunia.

Guru merupakan komponen pendidikan yang berperan sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar. Guru merupakan suatu profesi  yang senantiasa berhubungan dengan peserta didik  dan memegang peranan penting dan strategis sebagai pengajar, pendidik, dan pelatih para siswa. Guru juga merupakan agen pembaharu (agent of change) dalam mengubah pola berpikir, sikap dan tingkah laku peserta didik sebagai manusia menuju kehidupan yang lebih baik, lebih bermartabat dan lebih mandiri, serta siap bersaing di era globalisasi. Untuk mendapatkan hasil pembelajaran yang optimal dibutuhkan guru yang mampu bekerja secara efektif dan efisien.

Istilah guru efektif merupakan terobosan terbaru di era sekarang karena lebih terukur dibandingkan dengan istilah guru yang baik. Pengertian guru yang baik lebih bersifat sebagai kemampuan personal seorang guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dan pengajaran. Sementara itu, pengertian guru efektif lebih bersifat sebagai kemampuan profesional. Guru efektif adalah guru yang bisa memotivasi peserta didik untuk belajar dan meningkatkan semangat belajar yang tumbuh dari kesadaran peserta pendidik itu sendiri, bukan karena takut pada gurunya.

Menjadi seorang guru profesional adalah keniscayaan. Profesi guru juga sangat erat dengan integritas dan kepribadian, bahkan identik dengan citra kemanusiaan. Ibarat sebuah laboratorium, seorang guru seperti ilmuwan yang sedang melakukan eksperimen terhadap nasib anak manusia dan juga suatu bangsa. Jika seorang guru tidak memiliki integritas keilmuan dan personalitas yang mumpuni, maka bangsa ini tidak akan memiliki masa depan yang baik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan