Bedah Masalah Tiap Sektor

SOREANG – Kelanjutan penangan sungai Citarum yang di lakukan Kodam III/Slw saat ini sudah memasuki tahap analisi mengenai pencemaran yang terjadi di Sungai Citarum.

Bupati Kabupaten Bandung Dadang M. Naser mengatakan, sebagai program prioritas nasional. Bahkan, rencananya pemerintah pusat akan langsung turun tangan untuk menangani permasalahan Citarum.

Selain itu, untuk pelaksanaan sinergitas dengan jajaran Kodam III Siliwangi merupakan langkah strategis untuk menuntaskan setiap permasalahan yang ada di lapangan. Sebab, seluruh jajaran Kodam III Siliwangi terlibat untuk menangani Citarum ini.

Dadang mengakui, salah satu permasalahan adalah masalah alih fungsi lahan yang ada di wilayah Kabupaten Bandung. Namun, secara kewenangan pihaknya tidak dapat mengawasi secara langsung. Sebab, kewenangan pengelolaan lahan berada pada PT. Perkebunan Nusantara VIII (PTPN).

Kendati begitu, pihaknya akan tetap konsisten untuk menghentikan alih funsi lahan tersebut dengan bantuan jajaran Kodam III Seiliwangi dan Dansektor 9 Dandim 0609 Arh. Andre Wira.

Selain itu, program rehabilitasi lahan kritis dengan melakukan penanaman poho dia kawasan hulu akan terus dilakukan. Bahkan, usai menanam akan terus di awasi.

Dirinya mengusulkan, rencananya penanaman pohon bisa dijadikan agunan untuk mengajukan pijaman ke bank. Namun syaratnya pohon tersebut harus sudah berumur 6 bulan. Sehingga, untuk mencapainya dibutuhkan perawatan.

“Ini agar semata-mata masyarakat bisa termotivasi untuk menanam pohon,”ucap dia.

Dadang menambahkan, penanganan masalah Citarum teorinya harus dilakukan beberapa rekayasa, seperti rekayasa sosial, vegetative juga rekayasa teknologi yang diterakan secara bertahap untuk masyarakat, terutama lanjutnya, untuk fokus pada pengelolaan sampah.

’’Rekayasa sosial harus dilakukan walau  berat, karena kita ingin masyarakat bergeser ke  peradaban maju, Sampah harus terkelola sejak skala rumah tangga dan Alam harus dijaga, tentu saja semuanya sudah dilakukan namun masih bersifat parsial,” pungkas dia.

Hadir pada kesempatan tersebut Kol.Inf M.Bayu Haritomo,SH selaku Dansektor I, Kol Inf. Mulyono Harisantoso (Dansektor 2), Kol Inf Erda Bachtiar (Dansektor 3), Kol Inf Kustomo Tioso,S.Ip (Dansektor 4), Kol Inf Dadang Rahadiansyah (Dansektor 5), Kol Inf Yudi Zanifar, S.Ip (Dansektor 6), Kol Kav. Purwadi (Dansektor 7), Kol CZI Abi Isnawan, SE (Dansektor 8), Kol Inf Yusef Sudrajat (Dansektor 9) serta para kepala PD bersama jajarannya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan