Baru 4 Hari Diaspal, Sudah Jebol

CIMAHI – Hujan deras yang mengguyur Kota Cimahi, Rabu (7/11) malam, meny­ebabkan ruas Jalan Mahar Martanegara mengalami ke­rusakan parah. Padahal, jalan tersebut baru saja di aspal empat hari lalu.

Berdasarkan pantauan di lapangan, kemarin (8/11), jalan yang berada di sekitar Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah, itu aspalnya mengelupas ka­rena diterjang banjir dari luapan air sungai Ciputri. Jalan yang memiliki panjang 2,6 kilometer itu, sekitar 70 meter mengalami kerusakan yang sangat parah, padahal, jalan tersebut baru saja sele­sai dihotmix oleh Pemerintah Kota Cimahi.

Sementara itu, petugas dari Pemerintah Kota Cimahi terlihat tengah membereskan lapisan aspal yang mengelu­pas, akibatnya arus lalu lintas dari arah Cimindi menuju Leuwigajah maupun seba­liknya menjadi tersendat.

Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Ci­mahi, Wilman Sugiansyah ber­janji akan memperbaiki jalan tersebut secapatnya. Namun, untuk kerusakan jalan dia meng­klaim karena kerusakan air.

’’Ini murni karena arus air yang kuat saat banjir mener­jang kawasan ini,” jelas Wilman saat ditemui disela pengece­kan jalan rusak di Jalan Mahar Martanegara, kemarin (8/10).

Dia mengatakan, untuk memperbaiki jalan tersebut pihaknya akan meminta kon­traktor pemenang proyek jalan itu untuk perbaiki ulang, namun untuk besaran biaya dia mngelak menyebutkannya.

Meskipun jalan terlihat ru­sak parah, dia masih saja mengelak jika kualitas aspal dikatakan dibawah standar.

’’Sebenarnya sudah bagus, hanya saja banjir yang me­nerjang sangat deras,”kata dia.

Kendati begitu, dia menu­turkan, untuk kedepan pi­haknya akan membuat program pemeliharaan jalan agar tidak rusak saat diterjang banjir.

Sedangkan saat disinggung terkait kondisi drainase di ka­wasan tersebut, Wilman kem­bali berkelit bahwa saluran air sudah sesuai standar. hanya saja debit airnya saat hujan deras kerap melebihi kapasitas.

Dia menjelaskan, untuk proyek pengaspalan jalan tersebut telah diberikan spe­sifikasi dengan tebal aspal sekitar lima sentimeter. peng­erjaan pengaspalan secara keseluruhan hanya memakan waktu tiga hari.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan