Bantu Korban Kebakaran

BACIP – Setelah terjadi ke­bakaran hebat yang mea­landa kawasan permukiman padat penduduk di Jalan Ba­bakan Ciparay, Gg. Satata Sariksa RT 08 RW 04, Kel. Sukahaji, Kecamatan Babakan Ciparay pada Minggu, (18/11) pukul 03.00 dini hari.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana langsung menin­jau lokasi kebakaran untuk bertemu dengan para korban. Dia memberikan motivasi untuk menguatkan mental atas musibah yang terjadi. Bahkan, Yana berjanji akan membantu kepada warga yang menjadi korban kebakaran.

“Kita prihatin dengan mu­sibah yang dialami oleh war­ga. Mudah-mudahan kita semua bisa semakin waspada karena musibah bisa terjadi kapan saja, di mana saja,” ucap Yana usai peninjauan (18/11).

Dia meminta agar masyarakat Kota Bandung ikut berempati dengan ikut memberikan ban­tuan serta mendoakan para kor­ban agar selalu sabar dan tabah.

Menurutnya, berdasarkan laporan, pada peristiwa ter­sebut, api melahap hunian padat penduduk serta lahan kosong yang digunakan untuk penyimpanan kayu seluas 600 m2. Setidaknya 40 jongko kayu dan 30 unit rumah non-per­manen ludes terbakar. Selain itu, 1 unit mobil ambulance warga, 3 unit mobil, dan 2 unit motor hangus dilalap api.

Saat menerima laporan pada pukul 03.50, Dinas Ke­bakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) langsung menerjunkan 9 unit pancar dari Markas Komando (Mako) pusat. Selain itu, penanganan dibantu dengan 2 unit pancar dari UPT Selatan, 1 unit pan­car dari UPT Barat, 2 unit pancar dari UPT Timur, 1 unit pancar dari UPT Utara dan 2 unit water tanker.

Pemadaman juga dilakukan dengan mengerahkan 2 unit rescue, 2 unit komando, dan 1 unit quick response dari Diskar PB Kota Bandung. Ada pula bantuan tim pemadam dari luar Kota Bandung, yai­tu 1 unit pancar Soreang, 1 unit rescue Soreang, 1 unit pancar Kab. Bandung Barat, dan 1 unit pancar Kota Cimahi.

Kebakaran tersebut diduga diakibatkan oleh pembakaran sampah di wilayah setempat. Menurut laporan Diskar PB yang diperoleh dari keterang­an saksi, yakni Ketua RT Wa­hyudin, api berasal dari salah satu jongko kayu. Kebakaran diketahui setelah api membe­sar di sebelah kanan Gg. Sa­tata Sariksa sekitar pukul 03.45 WIB. Ketua RT lantas mem­beri tahu warga untuk meng­hubungi Emergency Call 113.

Tinggalkan Balasan