Bantu Korban Gempa, Emil Bertolak Ke NTB

BANDUNG – Gempa yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (5/8) sangat menyentuh kemanusiaan umat manusia. Akibatnya sekitar 270.000 orang harus mengungsi. Berbagai kalangan dan organisasi ikut serta membantu korban gempa tersebut.

Untuk meringankan beban para korban gempa Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil berinisiatif melakukan Penggalangan dana bagi masyarakat Lombok, NTB melalui kitabisa.com.

Aksi penggalangan dana yang dilakukan melalui media sosial tersebut sudah mencapai Rp1,3 miliar. Rencananya, Ridwan Kamil akan menyerahkan langsung bantuan tersebut kepada Gubernur NTB dan relawan yang ada di sana.

Wali kota yang akrab disapa Kang Emil ini, berencana berangkat ke Lombok pada Selasa (14/8) atau Kamis (16/8) mendatang.

“Saya lagi cari waktu antara hari Selasa atau Kamis akan ke Lombok untuk memberikan bantuan kemanusiaan” ungkapnya di Balai Kota Bandung. Kemarin. (13/8)

Kang Emil mengungkapkan, penggalangan dana yang dilakukan melalui media sosial tersebut, berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp1,3 miliar hanya dalam waktu tiga hari. Padahal semula ditargetkan dalam waktu 30 hari terkumpul Rp1 miliar.

“Hanya dalam waktu tiga hari menggalang dana, Kota Bandung mampu mengumpulkan sekitar Rp1,3 miliar. Targetnya Rp1 miliar itu untuk 30 hari, tetapi alhamdulillah dalam waktu tiga hari terkumpul Rp1,3 miliar,” katanya.

Kang Emil menuturkan, pemanfaatan media sosial sangat efektif untuk kegiatan positif seperti penggalangan dana. Berkat media sosial, penggalangan dana untuk kemanusiaan tersebut dapat berlangsung cepat dan lancar.

“Pencapaian yang luar biasa. Penggalangan dana kemanusiaan warga Bandung ini luar biasa. Melalui online mereka menyumbangkan dana. Ini adalah solidaritas sebagai bentuk rasa cinta kepada masyarakat Lombok,” katanya.

Kang Emil mengungkapkan, tanpa digital proses penggalangan dana tidak bisa berlangsung cepat. “Itulah media sosial, jika digunakan positif seperti penggalanggan dana seperti ini maka akan bermanfaat bagi banyak orang,” ujarnya. (mg3/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan