Bank Sampah Miliki Nilai Ekonomis

BANDUNG – Calon wali kota Bandung Oded M Danial meresmikan Bank Sampah Cijerah Lestari di Gang Manunggal RT 6 RW 1 Kelurahan Cijerah kota Bandung, Minggu (4/3). Peresmian bank sampah tesebut sejalan dengan salah satu program kampanyenya yakni Bandung Resik Pakai Bank Sampah (Bandrek Panas).

”Di kota Bandung sudah ada 134 bank sampah dengan diresmikannya bank sampah Cijerah Lestari maka kini jumlahnya sudah 135 unit,” katanya.

Dijelaskan Mang Oded, program bank sampah sudah dia rintis sejak awal masa kepemimpinannya bersama walikota Bandung Ridwan Kamil. Pria yangbkini tinggal di Cimindi tersebut memgaku akan terus menggulirkan program bank samapah dan akan menjadikan salah satu program prioritasnya jika terpilih jadi Walikota Bandung.

Selain mengurangi jumlah sampah, lanjut Mang Oded, bank sampah memberi keuntungan ekonomi kepada warga sekitar. Warga yang aktif memilah sampah bisa menjualnya ke bank sampah sehingga bisa menjadi tambahan penghasilan. ”Sampah yang dipilah dan disimpan ke bank sampah lama kelamaan bisa memberikan nilai ekonomi juga luar biasa, bekum lagi lingkungan jadi bersih,” ujarnya.

Mang Oded berharap jumlah bank samapah terus bertambah dari waktu ke waktu dan kedepannya bisa bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan sampah. ”Bank sampah luar biasa. Pusatnya di Ahmad Yani ada market di sana. Dan mereka sudah kerja sama dengan PLN. Maka ke depan kalau saya jadi wali kota, bank sampah harus terus dikembangkan,” katanya.

Mang Oded menambahkan penanganan permasalahan sampah di Kota Bandung menjadi salah satu yang harus diprioritaskan. Pasalnya, tiap hari, jumlah sampah yang di hasilkan warga kota Bandung sangat banyak. “Kalau tak ditangani bisa bahaya,” tandasnya. (nif/rmo/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan