Banjir Kembali Genangi 3 Kecamatan

DAYEUHKOLOT – Ratusan rumah di Kecamatan Baleen­dah, Bojongsoang dan Day­euhkolot Kabupaten Bandung kembali terendam banjir aki­bat meluapnya Sungai Citarum.

Koordinator Tim Evakuasi Komunitas Kampung Siaga Bencana Desa Dayeuhkolot Saefulloh mengungkapkan

air mulai datang sekitar pukul 05.00 Kamis sore kemarin sete­lah sebelumnya terjadi hujan deras disertai angin kencang di wilayah Bandung raya, termasuk di Dayeuhkolot, Baleendah dan Bojongsoang.

”Saat ini sudah sampai ke ha­laman desa tapi sudah surut lagi 20 sentimeter. Semalam mah sampai 140 sentimeter tapi cuma sebentar sekitar setengah jam an,” kata Saefullah saat di­wawancara, kemarin (30/11).

Akibatnya, lanjut Saefullah, ratusan rumah di 9 RW kem­bali terendam, di antaranya RW 01, 02, 03, 04, 05, 06, 07, 08 dan 14 di Kampung Bo­jongasih dan Kampung Bo­lero. Kondisi paling parah terjadi di RW 04, 08 dan 14 setinggi 120 sentimeter.

”Hujan terus menerus hing­ga malam hari, sehingga kami sudah menyiapkan pengung­si ke Selter Pengungsian Desa Dayeuhkolot. Baru ada 13 keluarga yang mengungsi, mereka semalam datang de­kitar pukul 10 malam,” jelasnya

Menurut pantauan, selain di Dayeuhkolot, banjir juga meren­dam ribuan rumah di Kelurahan Andir Kecamatan Baleendah. Sedikitnya ada sekitar 8 RW yang kembali terendam di Kelurahan Andir Baleendah, dari mulai RW 06, 07, 08, 09, 10 dan beberapa RW lainnya. (yul/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan