Bandung Siap Layani Pasien TBC

BANDUNG – Dinas Kesehatan Kota Bandung memastikan seluruh Pusat Kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Kota Bandung bisa melayani dan mengobati pasien tuberkulosis (TBC).

”Di kota Bandung, pengobatan TBC sudah lama disediakan Puskesmas maupun rumah sakit. Sehingga masyarakat yang terkena penyakit tersebut tidak usah sulit untuk mencari tempat pengobatan, cukup ke Puskesmas terdekat ataupun ke rumah sakit,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita pada peringatan Hari TBC Sedunia Tingkat Kota Bandung di Balaikota, kemarin (28/3).

Rita mengatakan, pengobatan TBC dilakukan melalui metode DOTS (Directly Observed Treatment, Short-course). DOTS merupakan pengawasan langsung pengobatan jangka pendek. Dengan tujuan, menjamin kesembuhan bagi penderita, mencegah penularan, mencegah resistensi obat, mencegah putus berobat dan segera mengatasi efek samping obat jika timbul. Hingga akhirnya dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat tuberkulosis di dunia.

Menurutnya, metode DOTS itu cukup signifikan untuk pengobatan. Dengan gagasan dari pemerintah pusat, maka pengobatannya pun tersedia sehingga tidak akan menyulitkan penderita.

”DOTS itu suatu program pemerintah pusat bahwa untuk pengobatan dengan metode ini dapat droping dari pusat, sehingga tidak akan menyulitkan. Semua sudah tersedia fasilitas pelayanan kesehatan dengan baik,” jelasnya.

Dalam catatan Rita, saat ini Kota Bandung terdapat sebanyak 9.632 kasus TBC. Untuk kasus yang dilaporkan sebanyak 399 per 100.000 penduduk.

“Di Kota Bandung itu dalam 100.000 penduduk, sebetulnya bisa ditemukan sebanyak 399 kasus.  Hanya dalam pengobatan baru 80 persen, yang seharusnya 90 persen. Jadi kurang 10 persen harus kita kejar. Kita berkoordinasi dengan fasilitas pelayanan lainnya untuk mencapai target ini,” tuturnya.

Dijelaskan Rita, terdapat beberapa faktor yang menyebabakan penyakit TBC di antaranya faktor lingkungan di daerah yang padat pemukinan kurang baik, ventilasi rumah dan pencahayan yang kurang sehingga menimbulkan kelembaban. ”Bukan hanya badan saja yang fit dan daya tahan tubuhnya baik, tetapi lingkungan juga harus bersih,” ujar Rita.

TBC pun tidak hanya menyerang organ paru paru saja, bisa juga menyerang tulang, usus dan pencernaan lainnya. Ini bisa terjadi kepada anak-anak hingga orang dewasa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan