Bandung Sabet Dua Penghargaan Pariwisata

BANDUNG – Dibidang pariwisata Kota Bandung patut menjadi kebanggaan. Sebab, belum lama ini Bandung memperoleh penghargaan dari Kementrian Pariwisata berupa “ Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award 2018″. Sedangkan, Penyerahan penghargaan digelar di Gedung Sapta Pesona Kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar) pada Jumat (20/7).

Dalam rilisnya menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya mengatakan, penghargaan ini menjadi tolak ukur atau Kalibrasi. Sebab, pemenang diajang ini adalah Kota atau kabupaten yang berkomitmen menerapkan program sustainable tourism development atau pembangunan pariwisata berkelanjutan dalam menerapkan wisata daerahnya.

Untuk dua penghargaan yang diterima Kota Bandung adalah yaitu kategori Kabupaten/Kota Terbaik di Provinsi Jawa Barat atas prestasi dalam performasi inovasi dan komitmen membangun pariwisata daerah, dan sebagai 10 Kota Terbaik Tingkat Nasional.

Penghargaan yang diserahkan langsung Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya diberikan kepada Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial. Sedangkan untuk kategori Terbaik tingkat Jawa Barat diserahkan oleh Staf Ahli Menteri Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik Kementerian Dalam Negeri, Reydonnyzar Moenoek.

Atas penghargaan ini, Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengaku berayukur dan mempersembahkannya kepada warga Kota Bandung.

Ini kemenangan untuk warga Kota Bandung yang selalu mendukung bidang pariwisata. Dengan dua penghargaan ini, memberikan spirit dan motivasi untuk terus meningkatkan pariwisata sehingga Kota Bandung menjadi destinasi wisata terbaik.

’’ Pengahrgaan ini menjadi motivasi untuk memberikan pelayanan di bidang kepariwisataan di Kota Bandung untuk lebih baik kedepannya,”ucap Oded ketika ditemui kemarin. (22/7).

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari mengatakan,
Pada 2018 ini, Pemerintah Kota Bandung menargetkan 7,5 juta wisatawan.

Menurutnya, angka tersebut meningkat sekitar 10 persen dari kunjungan wisatawa selama 2017 yang berjumlah 6,9 juta wisatawan. Sedangkan di tahun 2016, Kota Bandung kedatangan sekitar 6 juta wisatawan dalam dan luar negeri.

“Bandung terus membuat diversifikasi produk-produk kepariwisataan dan kita sedang membuat pola kepariwisataan atau tourism pattern yang nantinya menjadi referensi para travel agen untuk membuat paket paket wisata,” jelasnya.

Kenny menjelaskan, kekuatan wisata Kota Bandung berbasis kebudayaan dan ekonomi kreatif. Sehingga Disbupar Kota Bandung mendorong para pelaku untuk terus membuat ide-ide dan inovasi kepariwisataan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan