Bandung Masih Paroek, Dewan Anggarkan Rp 24 M untuk PJU

BANDUNG – Kota Bandung meski mendapat julukan sebagai kota Metropolitan, tapi dibeberapa ruas jalan protokol terlihat masih minim Penerangan Jalan Umum (PJU). Seperti di Jalan Katamso, Cigadung Raya hingga Jalan Setia Budhi menuju Lembang.

Seorang warga kota Bandung yang ditemui di Jalan Katamso Adiyana, 35, membenarkan hal itu. Dia meyebutkan di sepanjang jalan itu saja, yang panjannya kurang lebih satu kilometer kurang adanya lampu penerangan.

”Kalau malam mah pasti gelap. Nggak ada PJU minim pisan, ditambah banyak pohon rindang, jadi tambah poek,” kata Adiyana pada Jabar Ekspres kemarin (14/3).

Pria yang sudah tinggal sejak Delapan tahun lalu di Jalan Terusan Cisokan, kelurahan Cihauergelis, Cibeuying Kaler itu lebih lanjut meyebutkan, kondisi Jalan Katamso ini juga tidak lebar tapi volume kendaraan dari pagi hingga malam selalu ramai.

”Kalau hujan di malam hari, sok khawatir takut ada yang celaka. Karena ini, jalannya lurus enak pisan jang ngebut,” terang pria yang bekerja di salah satu perusahaan swasta di Bandung.

Meski demikian dirinya mengaku sejauh ini, belum mendengar adanya korban kecelakaan akibat kurangnya penerangan. ”Tapi, apa harus menungu adanya korban baru akan di pasang PJU-nya? Seharusnya diperbanyak lampunya, kaya di Jalan Ibrahim Adji caraang. Dan menghindari hal yang tidak diinginkan. Seperti, kecelakaan, kejahatan, jangan sampai sudah ada korban baru diterangi, kan sudah telat,” harap pria yang suka olah raga tersebut.

Sampai saat ini, dia belum mendengar ada rencana pemasangan PJU di Jalan Katamso. Selain itu dia mengatakan di jalan itu pun ada beberapa Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan, sehingga bahu jalan sering digunakan untuk lahan parkir.

”Udah mah jalan teh sempit makin we sempit kunu jajan parkir di bahu jalan,” ucapnya dengan nada kesal.

Seorang warga di Jalan Cigadung Raya Aris Herdiansyah, 26, membenarkan jika di Jalam Cigadung belum di pasang PJU. ”Belum ada PJU yang terpasang, paling dari warga ada juga,” sebutnya.

Bahkan sebut Aris, sudah beberapa kali terjadi kecelakaan akibat jalan yang kurang terang. Dia mendengar belum lama ini ada sebuah insiden kecelakaan walau pun tidak parah. ”Dengar mah ada yang ketabrak Minggu kemarin, tapi teu parah,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan