Bandung Barat Meraih Juara 1 Program KB

NGAMPRAH– Torehan prestasi diraih oleh Kabupaten Bandung Barat yang berhasil meraih juara 1 dalam program Keluarga Berencana (KB) Metode Operasi Pria (MOP) pada perlombaan program KB Tingkat Provinsi Jawa Barat. Adapun kelompok KB pria yang berhasil meraih prestasi itu yakni kelompok KB pria Saluyu 2 Desa Bojongkoneng Kecamatan Ngamprah.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Bandung Barat, Asep Wahyu melalui Kabid KB-KR, Aam Lia menuturkan, pada lomba tingkat provinsi itu KBB mengikuti 3 kategori yang dilombakan yakni kelompok KB pria, motivator KB pria dan pengelola KB di daerah. Untuk kelompok KB pria berhasil meraih juara 1, sedangkan untuk pengelola program KB mendapat juara 3 tingkat provinsi. “Dari dua kategori, KBB berhasil di dua kategori lomba program KB. Hanya kategori motivator KB saja yang tidak berhasil meraih juara. Ini merupakan prestasi membanggakan,” katanya.

Adapun yang dijadikan indikator penilaian dalam lomba tersebut, kata dia, yakni dilihat dari pencapain peserta KB baru dan peserta KB aktif. Sementara capaian MOP di KBB mencapai 100 dari target 85 %. “KB pria itu penggunaan alat kontrasepsi kondom dan vasektomi. Tapi di KBB lebih banyak divasektomi,” ujarnya.

Aam menyebutkan, untuk realisasi KB pria di KBB terhadap peserta KB pria aktif yakni 1,96% dari jumlah 4.799 perserta KB pria. Rata-rata  daerah yang paling banyak peserta KB pria yakni berada di Kecamatan Cihampelas dan Cililin. Keberhasilan KBB dalam program KB ini tak lain atas peran aktif masyarakat dan tenaga penggerak desa (TPD) di lapangan. Selain itu, keberhasilan ini atas kebijakan pemerintah daerah yang mendukung terhadap program KB. “Peran masyarakat dalam menyukseskan program KB menjadi hal utama dalam mendapatkan prestasi ini. Termasuk kebijakan pemerintah juga dalam mendorong target KB ini bisa bersinergi dengan lapisan masyarakat,” tandasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan