Bandara Miliki Koneksi, Progres pembangunan BIJB Capai 82 persen

BANDUNG – Untuk mendukungkeberadaan Bandara In­ternasional Jawa Barat (BIJB) Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) meminta agar BIJB memiliki konektivitas dengan keberadaan jalan tol Cipali.

Menenurutnya, Sebagai Ban­dara kebanggaan masyarakat Jabar pihaknya ingin BIJB memiliki fasilitas yang lengkap, Sarana Prasarana memadai, sehingga fungsi bandara yang memiliki luas 1.800 hektar ini menjadi maksimal.

Aher mengatakan, dukungan fasilitas infrastruktur penye­lesaian pembangunan jalan tol dan non tol ke arah BIJB Kertajati akan terus dilanjut­kan. Sebab, untuk penggaran­nya pembangunan sudah di plot dalam perencanaan.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat memiliki kewajiban untuk membebaskan lahan sekitar 1,7 kilometer (km) sebagai jalur non tol. Semen­tara untuk jalan tol, yang akan terintegrasi dengan inter­change jalan tol Cipali, mema­kan lahan kurang lebih 3 km.

”Ini merupakan penyem­purnaan pembebasahan lahan untuk jalan non tol BIJB Ker­tajati ditambah dengan jalan tol yang merupakan akses dari Cipali menuju ke ban­dara,” ungkap jelas Heryawan keyika ditemui kemarin.

Aher menuturkan, untuk pembebasan lahan, sudah ditargetkan selesai pada tahun 2017 via APBD Provinsi Jawa Barat. Sementara kedepan, anggaran untuk pembangunan jalur akses tersebut, akan ber­sumber dari Anggaran Penda­patan Belanja Negara (APBN).

Sementara itu, Direktur Ut­ama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra mengatakan, perte­muan antara jalan tol dan non tol lokasinya akan berdekatan dengan terminal bandara.

Virda berharap, dengan ada­nya peninjauan langsung oleh Gubernur, maka proses pem­bebasan lahan dan penga­daan konstruksi pembangu­nannya bisa diselesaikan sebelum pengoperasian BIJB.

”Mudah-mudahan setelah ditinjau oleh pak Gubernur proses pengadaan lahan ter­masuk konstruksinya bisa se­lesai sebelum pengoperasian bandaraa ini,” harap Virda.

Virda pun menyebutkan bahwa progres pembangunan BIJB hingga Sabtu 30 Desem­ber 2017 mencapai 82 persen. Bahkan sudah menjalin komu­nikasi dengan AP II perihal kerja sama pengoperasian bandara tersebut.

”Sampai saat ini pembangu­nannya sudah 82 persen dan soft launching akan dilaku­kan pada April 2018,” pung­kasnya (yan)

PANTAU PEMBANGUNAN: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan melakukan peninjauan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Majalengka untuk memastikan pembangunan berjalan sesuai terget yang diproyeksikan bandara bisa beroperasi pada 2018 untuk keberangkatan ibadah haji.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan