187

Awasi Anak dari Gadget

Mona Ratuliu

ORANG tua tak bisa menolak perkembangan zaman yang menyebabkan anak lebih dekat dan bahkan kecanduan gadget. Sehingga, orang tua harus bisa membimbing anaknya dalam bermain gadget agar tak lupa akan kewajibannya sebagai pelajar.

Seperti halnya Mona Ratuliu yang sudah hafal sekali dengan perilaku anaknya terhadap gadget. Hal ini memang ia akui tak bisa dihindari. Ibu yang baru saja meluncurkan buku keduanya tentang parenting ini, punya aturan sederhana agar anak bisa terawasi dalam bermain gadget.

”Kalau dari saya sendiri, tidak memberikan setiap anak memiliki gadget sendiri, malah sistemnya meminjamkan. Saya juga bisa jadi lebih mudah untuk cek kegiatan mereka disitu, kemudian saya juga punya kuasa meminta kembali jika ada apa-apa,” kata Mona Ratuliu, ketika ditemui di acara Nivea #SentuhanIbu, Ciputra Artpreneur Jakarta.

Dia menambahkan bahwa anaknya sudah main gadget terutama bermedia sosial sejak dibawah usia 13 tahun, tentu hal tersebut tetap dalam sepengetahuan orang tua. Misalnya melihat followers-nya atau follow siapa saja.

”Karena pernah juga pengalaman, anaknya temen saya, dia tuh follow kartun favorit, awal-awal posting masih baik-baik saja, ternyata 6 bulan kemudian materi postingannya beda dan kontennya dewasa sekali,” lanjut Mona Ratuliu.

Padahal anak tak bermaksud untuk melihat konten seperti itu, namun akun media sosial terkadang tak sesuai dengan konten seharusnya. (Inr/JPC/ign)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.