Atlet Renang Jabar Melaju ke Final

YOGYAKARTA – Perenang putra dan putri asal Jawa Barat masuk final dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMA tahun 2018 padacabang olahraga renang kategori gaya bebas 100 meter.

Mereka adalah Elza Nurul Septianty SMAN 1 Lembang dan Athabrani Ardian Nugra­ha SMAN 1 Kota Cirebon. Kegiatan dilaksanakan di kolam renang Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Rabu (19/9).

Dalam final yang akan di­selenggarakan Kamis 20 Sep­tember 2018 siang, keduanya akan bertanding dengan 7 provinsi lainnya, di antaranya DKI Jakarta.

Ketua Pelatih Renang SMA Kontingen Jawa Barat, Ferry Sunatra mengatakan pertan­dingan renang pada O2SN hanya satu kategori yakni gaya bebas 100 meter putra dan putri. ”Penilaiannya hanya catatan waktu. Yang tercepat ia yang menang,” kata Ferry seperti diberitakan laman resmi Disdik Jabar, kemarin.

Dikatakan, dalam pertan­dingan renang SMA ini pe­serta dibagi pada 5 seri. Jawa Barat mendapat giliran seri kelima baik untuk putra mau­pun putri. Setelah itu diambil 8 terbaik untuk masuk babak final yang akan dilangsungkan Kamis 20 September 2018.

Selama ini, kata Ferry per­siapan yang dilakukan adalah dengan banyak berlatih. Namun setelah pembinaan di tingkat provinsi, mereka kembali latihan di daerahnya masing-masing.

“Atlet putra kam dari Cirebon dan putri dari Kabupaten Bandung Barat. Jadi latihan­nya dipusatkan di daerah masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu, Athabrani mengatakan ia tampil pada sesi kelima. Meskipun da­lam sesi tersebut tidak men­jadi yang pertama, tapi ia masuk final.

”Iya kita masuk final. Kalau kata pelatih sih saya ada di urutan keempat. Tapi belum tentu karena catatan yang akurat ada di juri,” katanya menjelaskan.

Elza menambahkan tidak ada latihan atau uji coba la­pangan untuk final besok. “Persiapan hanya mental saja,” ujarnya.

Diakui warga asal Lembang KBB ini, butuh strategi untuk memenangkan pertandingan. Ia melihat dulu gaya berenang lawannya.

”Ternyata lawan saya memang sejak start memang ngotot. Ma­kanya di awal dan di akhir juga saya ngotot. Alhamdulilah da­pat finish pertama di seri ke lima,” ujarnya bangga. (zan/ign)

Tinggalkan Balasan