ASN Rentan Kena Penyakit Tidak Menular

CIMAHI –  Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan pemerintahan Kota (Pemkot) Cimahi dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengantisipasi bahaya penyakit tidak menular.

Kasi Penyakit Tidak Menular Dinkes Kota Cimahi Moh. Dwihadi mengatakan, hasil pemeriksaan menunjukkan adanya potensi terkena penyakit tidak menular, sehingga harus menerapkan gaya hidup sehat.

Menurutnya, pemeriksaan kesehatan dilakukan bergiliran untuk seluruh ASN termasuk para pejabat hingga Kamis 29 Maret 2018. Pemeriksaan meliputi kesehatan jiwa, cek darah terkait kadar kolesterol dan lainnya, cek tensi, termasuk berat dan tinggi badan.

” Kegiatan ini nanti akan menjadi agenda rutin setiap tahunnya sehingga perkembangan kesehatan para ASN bisa dipantau tiap tahunnya,” ucap dia.

Dwihadi memaparkan, dari hasil evaluasi ternyata faktor resiko ASN kena penyakit tidak menular sangat banyak. Sebab, berdasarkan presentase masih ada ASN yang merokok mencapai 25,42 persen, Obesitas sentral 24, 5 persen, termasuk ASN banyak yang kurang makan buah-sayur dan melakukan aktivitas olahraga.

”Hasil tersebut menunjukkan para ASN berpotensi terkena penyakit tidak menular seperti Hipertensi dan Diabetes Melitus,’’cetus dia.

Dia menambahkan, penyakit tidak menular kalau tidak segera ditangani bisa menimbulkan komplikasi berbahaya. Bahkan, bisa menyabakan stroke dan Jantung yang masih menjadi penyebab kematian tertinggi.

’’ Kalau sudah sakit kan biayanya mahal jadi lebih baik mencegah dengan melakukan pola hidup sehat yang murah biayanya,” pungkas Dwihadi. (bbs/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan