ASN Diduga Terlibat Kampanye

NGAMPRAH– Forum Frak­si Dewan Perwakilan Ra­kyat Daerah (DPRD) Kabu­paten Bandung Barat akan melaporkan dugaan keter­libatan sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di ling­kungan Pemkab Bandung Barat dalam kampanye ca­lon legislatif. Diketahui, caleg tersebut merupakan anak dan adik dari Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna. Keduanya terlihat berswafoto dengan pejabat Dinas Perhubungan (Dishub) saat menghadiri sejumlah kegiatan di lingkungan Pem­kab Bandung Barat belum lama ini.

“Kami akan melaporkan kepada panitia pengawas kabupaten untuk selanjut­nya diteruskan pada Ko­misi ASN. Bahkan, komisi ASN menyatakan, bahwa itu hukumannya tidak lagi ringan,” tegas Ketua DPRD KBB, Ida Widaningsih, di Padalarang, Rabu (12/12).

Ida memandang, hukuman bagi ASN tersebut bisa sam­pai pada penundaan kenai­kan pangkat, penurunan gaji, penurunan pangkat, pencopotan dari strukturnya, hingga yang tertinggi adalah pemberhentian secara tidak hormat.

Terlebih, kata Ida, hal itupun sudah dipertegas dengan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, berdasarkan Pasal 2 huruf f, menyatakan bahwa salah satu asas penyel­enggaraan kebijakan dan manajemen ASN adalah ne­tralitas, yang berarti bahwa setiap pegawai ASN tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepenting­an siapapun.

“Sejumlah peraturan di In­donesia telah secara tegas mengatur mengenai persoa­lan ini. Dan ini seharusnya jadi pengingat bahwa PNS sebagai aparatur sipil negara harus menghindari terlibat dalam politik praktis, khus­usnya menjelang pemilihan legislatif dan pilpres 2019 nanti,” terangnya.

Dalam menyikapi persoalan tersebut, sejumlah Forum Fraksi di DPRD KBB langsung melakukan konsolidasi. Kon­solidasi dihadiri hampir oleh seluruh pimpiman partai politik di DPRD KBB.

Seperti Ketua DPC Partai Demokrat Iwan Setiawan, Ketua Fraksi Partai Gerindra, Sundaya, Ketua Fraksi PPP, Muhammad Dartiwa, Ketua Bapilu Partai Golkar Denis­wara, Ketua Bapilu PKS Bag­ja Setiawan, Sekretaris Frak­si Hanura Safrudin Hidayat, Ketua Bapilu PDIP Iwan Rid­wan, Ketua Dewan Syuro PKB, Alit Munawar dan Ketua DPC PAN, Dona Ahmad Muharam.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan