ASN Dikenakan Zakat Profesi

CIMAHI– Pemkot Cimahi akan memberlakukan zakat profesi kepada Aparatul Sipil Negara (ASN). Saat ini, kajian Peraturan Wali Kota (Perwal) soal peraturan tentang penarikan zakat masih dalam proses kajian.

Wali Kota Cimahi, Ajay Muhamad Priatna mengungkapkan, zakat yang terkumpul dari para ASN tersebut akan dikelola oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Cimahi. Zakat tersebut akan digunakan bagi kepentingan masyarakat sesuai dengan asnafnya.

“Sekarang perwal soal zakat bagi ASN ini masih dalam kajian dan kalau sudah rampung akan diberlakukan dengan memotong gaji setiap ASN. Saya yakin setiap ASN punya keikhlasan untuk bayar zakat dan tidak ada ruginya,” kata Ajay, di Komplek Perkantoran Kota Cimahi, baru-baru ini.

Menurut Ajay, Perwal tentang zakat ini masih dalam proses penyempurnaan lantaran masih ada beberapa poin yang harus dikaji lebih dalam, agar benar-benar bisa dimanfaatkan dan bermanfaat bagi masyarakat yang berhak menerimanya. Kendati demikian, Perwal yang baru ini sudah berjalan terhitung sejak bulan lalu. “Kita masih buatkan teknisnya, ASN yang gajinya di atas Rp 3 juta akan kita potong sesuai peraturan,” sebutnya.

Ajay menambahkan, potensi pendapatan dari zakat profesi itu sekitar Rp 300 juta per bulan. Sehingga bila Baznas bisa mengelolanya dengan baik, maka Kota Cimahi akan menjadi kota yang terbebas dari kemiskinan.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa (Kesbang) Kota Cimahi, Totong Solehudin menambahkan, Perwal ini sangat bagus, terutama bagi masyarakat yang kurang mampu. Meski baru diterbitkan, untuk bulan Juni sendiri sudah terkumpul Rp 75 juta. “Bulan depan mungkin akan lebih efektif. Sekarang hanya baru sekitar 25 persen saja dari ASN yang ada,” bebernya.

Totong menjelaskan, secara teknis penarikan zakat ini sudah disosialisasikan dan membuat surat peryataan, sehingga sifatnya bukan paksaan. Nantinya pengelolaan zakat ini akan dibagikan ke dalam lima program, di antaranya Cimahi Cerdas, Cimahi Peduli, dan Cimahi Makmur. “Nantinya kita sinergikan dengan program pemerintah untuk kesejahteraan seluruh masyarakat,” pungkasnya. (ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan