ASN Berpolitik Tindak Tegas

NGAMPRAH – Wakil Bu­pati Bandung Barat Hengki Kurniawan menegaskan, ne­tralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Bandung Barat harus tetap terjaga men­jelang Pemilu 2019. Sebab, sanksi tegas telah disiapkan sesuai dengan aturan bagi ASN yang terlibat politik praktis.

Bahkan, Hengki meminta ASN tidak menjadi agen atau tim sukses parpol tertentu dan lebih baik fokus kepada tu­poksinya sebagai pelayan masyarakat. “Yang terpenting bagi ASN itu fokus dalam me­layani masyarakat bukan malah kampanye atau ber­politik,” terangnya.

Dirinya berupaya mencegah ASN agar tidak terjerumus dalam persoalan. Sebab, la­poran yang dia terima dari masyarakat itu di antaranya berupa rekaman suara tentang keterlibatan ASN tersebut. Sehingga, kalau rekaman ini dibuka di publik, yang rugi adalah ASN tersebut dan sa­lah satu partai peserta pe­milu. Itu sebenarnya yang ingin dirinya sampaikan ke­pada Bupati Aa Umbara.

“Saya berusaha mengingat­kan bahwa ini ada laporan dari masyarakat. Tapi saya belum sempat berkomuni­kasi langsung dengan Pak Bupati, karena waktu ditel­epon tidak diangkat karena barangkali sedang sibuk,” jelasnya.

Orang nomor dua di KBB ini mengaku apa yang dila­kukan selama ini intinya demi kebaikan ASN. Pernya­taannya tentang netralitas ASN itu pun tidak bermaksud me­nyangsikan pemahaman me­reka soal itu, karena ASN mengerti sanksi apa yang akan diterima jika terlibat dalam politik praktis.

“Saya hanya sekadar meng­ingatkan barangkali mereka lupa. Mumpung belum telanjur lebih jauh, ya marilah kita perbaiki supaya tidak terulang. Jangan sampai isu soal netra­litas ini menjadi bom waktu,” ujarnya.

Sebelumnya, Forum Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung Barat akan mela­porkan dugaan keterlibatan sejumlah Aparatur Sipil Ne­gara (ASN) di lingkungan Pemkab Bandung Barat dalam kampanye calon legislatif. Diketahui, caleg tersebut merupakan anak dan adik dari Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna. Keduanya terlihat berswafoto dengan pejabat Dinas Perhubungan (Dishub) saat menghadiri sejumlah kegiatan di ling­kungan Pemkab Bandung Barat belum lama ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan