APINDO Kota Cimahi Dukung Sepenuhnya Pelaksanaan Program JKN-KIS

CIMAHI – Sesuai Undang – undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial bahwa pemberi kerja wajib mendaftarkan dirinya dan pekerjanya sebagai peserta program jaminan sosial, dalam hal ini program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan BPJS Kesehatan. Selama empat tahun Program JKN-KIS berjalan, banyak masyarakat yang telah terbantu dan merasakan manfaatnya.

Hal tersebut semakin memotivasi BPJS Kesehatan sebagai penyelenggaran program JKN-KIS untuk terus meningkatkan mutu pelayanan. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kemitraan dan melakukan koordinasi dengan para stakeholder, salah satunya dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kota Cimahi. Pertemuan antara BPJS Kesehatan dan APINDO Kota Cimahi tersebut dilaksanakan pada hari Rabu (23/5).

Dalam pertemuan tersebut dibahas mengenai koordinasi yang telah dilakukan antara BPJS Kesehatan Cabang Cimahi dan APINDO serta badan usaha – badan usaha yang ada di Kota Cimahi. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Yudha Indrajaya dalam pemaparannya mengungkapkan bahwa keikutsertaan seluruh pekerja badan usaha menjadi peserta JKN-KIS akan memberikan dampak yang positif dalam pelaksanaan program JKN-KIS, dengan anggaran perusahaan yang akan selalu konsisten karena hitungannya sudah jelas yaitu jumlah karyawan dikali jumlah premi.

“Dengan ikut serta menjadi peserta program JKN-KIS berarti seluruh pekerja ikut bergotong royong dalam mewujudkan jaminan kesehatan JKN-KIS yang berkualitas dan berkesinambungan,” ujar Yudha.

Dukungan terhadap program JKN-KIS menurut Ketua APINDO Kota Cimahi, Roy Sinarja merupakan cermin kepedulian para pengusaha kepada para pekerja dan keluarganya. Karena apabila pengusaha tidak peduli dengan pekerjanya akan sangat berpengaruh pada tingkat produktivitas tenaga kerja tersebut. “Kita akan support untuk JKN-KIS dan BPJS Kesehatan, namun kita juga membutuhkan saluran serta sarana untuk dapat menyampaikan keluhan di lapangan demi perbaikan ke depannya,” tambah Roy.

Yudha juga mengucapkan terima kasih atas peran APINDO selama ini terhadap program JKN-KIS. Menurutnya keinginan masyarakat untuk memiliki jaminan kesehatan sangat tinggi dan APINDO menyadari hal itu dengan mewajibkan seluruh badan usaha mendaftarkan tenaga kerja dan keluarganya ke BPJS Kesehatan. (dh)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan