Anggaran Mural Tidak Transparan

NGAMPRAH– Proyek pem­buatan mural lukisan di dinding sepanjang lebih dari 10 meter tepatnya di kawasan underpass Padala­rang yang menjadi pintu gerbang menuju perkantoran Pemkab Bandung Barat me­nuai pertanyaan banyak pihak. Salah satunya soal tidak transparansinya ang­garan yang dikelola oleh Bidang Pertamanan pada Dinas Perumahan dan Per­mukiman Bandung Barat.

Kepala Bidang Pertamanan pada Dinas Perumahan dan Permukiman Bandung Barat, Lia Yulia menuturkan, pro­gram pembuatan mural ini baru pertama kali dilakukan. Proyek pembuatan mural ini sudah masuk dalam surat perintah kerja (spk) dan se­benarnya bukan hanya akan ada di underpass Padalarang. Mural ini akan ada juga di alun-alun Lembang.

“Tujuannya agar kawasan tersebut menjadi lebih ter­tata dan tidak kumuh. Apal­agi ini pembangunan yang pertama kalinya untuk mem­berikan keindahan di berba­gai wilayah. Mural ini bagian dari dekorasi kota untuk me­nambah estetika karena kon­sepnya akan dipadukan dengan vertical garden dan lampu-lampu hias,” ungkap­nya di Ngamprah, kemarin.

Disinggung soal anggaran yang dikeluarkan untuk pro­gram pembuatan mural ini, dia enggan memberikan in­formasi besarannya. “Soal anggaran mah enggak usahlah saya sebutkan, enggak enak. Pokoknya saya harap setelah dilakukan penataan tidak ada yang menempelkan stiker atau pamflet terkait pemilu atau media promosi lainnya,” tegasnya.

Terpisah, Pembina Komu­nitas Imajinasi, Kokod Mu­ter Ilyas,35, menyebutkan, pembuatan murah di din­ding ini perintah dari pe­merintah daerah.

“Maka dari itu kami langsung buat mural ini. Sudah se­minggu kami menggambar mural di tembok underpass dan disuruh menggambar tempat-tempat yang jadi ikon Bandung Barat,” paparnya.

Dia awalnya membuat kon­sep gambar bersama tiga orang anggota komunitas imajinasi kokod muter, lalu membuat gambar nyata. setelah siap baru sketsa di­gambar di dinding.

Pengerjaannya memerlukan waktu satu minggu. saat ini, pengerjaan mural memasuki tahap pengecatan, namun cukup terkendala cuaca ka­rena beberapa hari terakhir hujan terus turun.

“Memang hujan menjadi kendala karena bisa meng­gangu pengecatan,” tandas­nya. (drx)

Tinggalkan Balasan