Ancaman Berbagai Penyakit di Musim Hujan

NGAMPRAH– Dinas Kese­hatan Kabupaten Bandung Barat mengingatkan seluruh masyarakat agar mewaspadai penyakit infeksi saluran per­napasan atas (ISPA) serta alergi kulit. Hal ini seiring dengan memasukinya musim hujan yang melanda berbagai daerah di Indonesia akhir-akhir ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat Hermawan Widjajanto men­jelaskan, cuaca ekstrem ren­tan menyebabkan ISPA yang diawali gejala seperti batuk, pilek, dan demam.

“Waktunya tunggu hingga tiga hari saja. Bila tidak sem­buh harus dibawa ke dokter untuk diperiksa agar tidak berkelanjutan,” ungkapnya.

Menurut Hermawan, ISPA sering kali diabaikan lantaran cenderung terasa seperti penyakit ringan. Padahal jika dibiarkan, bisa menyebabkan tubuh bertambah parah hingga terserang bronchitis. Penyakit tersebut bisa meny­erang berbagai usia, dari anak-anak hingga usia lanjut. Namun yang paling rentan, yaitu balita lantaran daya tahan tubuh mereka masih lemah.

“Terutama untuk balita, penyakit ISPA ini harus di­waspadai para orangtua. Jika ada gejala-gejala tadi, segera periksakan ke puskesmas atau rumah sakit terdekat,” katanya. Selain ISPA, lanjut Hermawan, cuaca dingin juga rentan me­nyebabkan alergi kulit. Dam­paknya, kulit menjadi gatal-gatal dan bisa menyebabkan infeksi.

Untuk mengantisipasi penyakit-penyakit tersebut, dia mengimbau agar masy­arakat melindungi tubuh dari cuaca dingin dengan memakai pakaian tebal. Se­lain itu, juga harus menjaga pola makan serta kebersihan lingkungan.

“Tidak lupa untuk olah raga agar meningkatkan daya tahan tubuh. Karena bila daya tahan tubuh kuat penya­kit pun tidak akan meny­erang,” terangnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan