Anak Emas yang Terpinggirkan

BANDUNG – Bagai hilang ditelan bumi, itulah ungka­pan yang cocok untuk meng­gambarkan keberadaan Michael Essien. Usai terde­pak dari skuad Persib Bandung, kini tak ada yang tahu dimana tinggalnya gelandang 35 tahun tersebut.

Sebelumnya Essien sempat menjalani latihan dengan Maung Bandung selama be­berapa hari. Namun ketika Persib melakukan launching skuad pada Sabtu (17/3) lalu, Essien tak memperlihatkan batang hidungnya di hadapan publik. Sosoknya ketika itu tergantikan dengan Jonathan Bauman, striker anyar Persib yang berasal dari Argentina.

Keberadaan Bauman me­nambah stok pemain asing Persib menjadi lima orang. Padahal dalam regulasi Liga 1, tiap tim hanya diperbole­hkan memiliki empat pemain asing (1 Asia + 3 non Asia). Karenanya manajemen Per­sib terpaksa mencoret Essien, gelandang yang datang dengan status marquee player atau pemain bintang di Liga 1 2017 lalu.

”Nama Essien tidak ada (di skuad Persib) karena kita mengacu pada regulasi PS­SI, pemain asing harus em­pat. Empat pemain asing sudah dipenuhi Bauman, sehingga mau tidak mau Es­sien tidak terdaftar dalam skuad,” ucap Komisaris Ut­ama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Zainuri Hasyim, Sabtu (17/3) lalu.

Bagi Essien, keputusan ter­sebut tentu menjadi pukulan telak. Sebab menurut data Transfermarkt, Essien masih punya kontrak hingga 31 De­sember 2018.

Sejauh ini eks gelandang Chelsea, Real Madrid, dan AC Milan itu belum juga memberikan komentar. Yang jelas status Essien sekarang adalah pengangguran karena belum ada keterangan resmi kemana dia berlabuh setelah terdepak dari skuad Maung Bandung.

”Semua nanti kami bicara­kan dengan Essien, bagai­mana jalan keluar yang terbaik buat dia. Kita juga bakal mem­pertimbangkan kemauan dia kayak gimana,” kata Zainuri.

Apa yang dialami Essien saat ini sangat bertolak bela­kang dengan yang didapat pada awal kedatangannya. Maret 2017 lalu, Essien men­curi perhatian publik, tak hanya masyarakat Indonesia namun juga dunia karena keputusannya memperkuat Persib Bandung. Namun sekarang Essien harus pasrah menerima keadaan tak lagi memiliki klub untuk semen­tara waktu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan