AGP Buka Puasa Bersama Masyarakat Citarum

KERTASARI – Bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan 1439 H. Masyarakat berinisiatif membuat satu acara perhelatan sederhana, yaitu acara Buka Bersama dengan semangat untuk memperkuat tali silaturahmi.

Pada acara tersebut masyarakat Desa Tarumajaya mengundang tim kerja Artha Graha Peduli (AGP) untuk ikut “Sauyungan” (guyub rukun) bersama sama membangun ikatan tali persaudaraan antara masyarakat dengan AGP.

Pelaksana Harian  Artha Graha Peduli Citarum Haryono Budi Utomo mengungkapkan, kehadiran Artha Graha Peduli di awal tahun 2018 yang disemangati dengan Gerakan Citarum Harum sebagai salah satu program pemerintah melalui Perpres Nomor 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum.

“Artha Graha Peduli terlibat dalam upaya rehabilitasi Sungai Citarum di hulu sungai yaitu Situ Cisanti di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Hal ini perlahan mulai dirasakan dampak positif di masyarakat lokal khususnya,” ungkap Haryono usai buka bersama dengan warga Kertasari, Sabtu (2/6).

Bersama – sama dengan Kodam III/Siliwangi, lanjut Haryono, Artha Graha Peduli fokus bekerja di kawasan Hulu Citarum untuk menghijaukan kembali kawasan hutan yang telah gundul. Interaksi positif perlahan mulai terbangun antara Masyarakat Tarumajaya dengan Artha Graha Peduli.

“Sosialisasi pun terus dilakukan mengenai penting nya hutan bagi kehidupan berkelanjutan menjadi salah satu upaya untuk memberikan edukasi ke masyarakat,” katanya.

Menurutnya, dengan adanya program Citarum Harum, perlahan masyarakat Sudah mulai merubah pola hidup mereka yang sebelumnya. Tapi, tugas ini belum selesai sampai Sungai Citarum menjadi harum.

“Selaras dengan Pilar Pertama AGP yaitu Pelestarian Lingkungan, AGP berkomitmen untuk terjun langsung membantu pemerintah menangani masalah yang terjadi di Sungai Citarum terutama pada hulunya,” ucapnya.

Dia juga berharap, dengan adanya kegiatan ini semoga cita cita besar untuk Citarum dapat diwujudkan bersama karena masyarakat kawasan Hulu Citarum adalah Penjaga Tunggal Hutan Kawasan dan Danau Cisanti (Hulu sungai Citarum). “Kami berharap program ini bisa terwujud dan sukses,” paparnya. (yul)

Tinggalkan Balasan