Ada Buaya Besar Di Sungai Citarum

BANDUNG – Kemunculan buaya berukuran besar yang sempat menampakan diri di sungai Citarum membuat warga kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah resah. Sebab, keberadaan buaya tersebut dikhawatirkan akan memangsa hewan ternak yang biasa digembalakan di pinggir sungai.

Rohana, 68, warga Kampung Jambatan, Kelurahan Andir, mengatakan bahwa buaya tersebut terlihat oleh salah seorang warga pada Kamis sore lalu. Menurutnya, Buaya tersebut terlihat muncul ke permukaan di muara Sungai Cisangkuy yang bermuara di Sungai Citarum.

“Awalnya dikira biawak, tapi setelah dilihat-lihat ternyata pada buntutnya ada gerigi, seperti gergaji,” ujar Rohana.

Dia berkeyakinan bahwa, buayanya etrsebut memiliki panjang kurang lebih 2 meter. Bahkan, dia menkhawatirkan kemunculan buaya tersebut ditakutkan akan memangsa hewan ternak seperti ayam kambing dan bebek.

“Mungkin mencium bau ayam di pinggir, makanya muncul,” katanya.

Menurutnya, kemunculan buaya tersebut sempat menjadi tontonan warga sekitar. Bahkan, kata Rohana, banyak pengendara yang melihatnya dari jembatan.

Warga lainnya, Lilis, mengaku heran dengan adanya buaya di Sungai Citarum tersebut. Sebab, selama ini masyarakat tidak pernah melihat buaya di sungai tersebut.
“Dari mana, ya? Kok bisa ada buaya, kalau biawak memang banyak,” tuturnya.

Sementara itu, Kemunculan buaya lainnya diduga ditemukan oleh warga Kampung Rencong, Desa Malakasari, Kecamatan Baleendah.

Dadang, 49, mengaku pernah melihat seekor buaya berukuran cukup besar di bawah jembatan kampung tersebut yang dialiri sungai Cisangkuy.

“Saya melihatnya Senin (21/5/2018), kira-kira pukul 14.00 WIB,” tutur Dadang.

Dia menyebut melihat buaya tersebut ketika sedang berada di belakang bengkel miliknya. Bahkan, hampir setiap hari dia melihat buaya berukuran dua meter tersebut di lokasi yang sama.

“Tapi sejak kemarin tidak terlihat lagi,” ungkapnya.

Cecep, 45, warga lainnya mengungkapkan hal yang sama, dia melihat buaya tersebut tepat di bawah jembatan Rencong. Keberadaan buaya tersebut membuat warga resah. Mengingat banyak rumah warga yang berada di pinggir sungai Cisangkuy.

“Takutnya masuk ke rumah. Selama ini kami tidak pernah melihat buaya di Sungai Cisangkuy, kalau biawak memang banyak,” katanya.

Sementara itu menyikapi hal ini Kapolsek Baleendah Kompol Supriyono mengatakan, beberapa hari lalu pihaknya mendapat laporan adanya buaya di Sungai Cisangkuy.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan