8 Persen Wilayah Perlu Ditanam Pohon

RANCAEKEK – Pemprov Jabar menargetkan dari 45 persen kawasan yang dianggap perlu di hijaukan, kini sebesar 37 persen sudah dilakukan penghijauan kembali.

Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar mengatakan, Pemprov bekerjasama dengan pemerintah daerah dan elemen masyarakat akan terus berupaya melakukan penanaman pohon diberbagai lahan kritis yang ada di Jabar.

’’ Jadi target kita masih 8 persen harus kita hijaukan karena itu saya apresiasi gerakan penanaman 70 ribu pohon ini,’’ jelas Deddy ketika ditemui di sela-sela penanaman pohon kemarin (25/1)

Dirinya menilai, jumlah penduduk Jabar sebanyak 47 juta jiwa menjadi ancaman kelestarian lingkungan. Sehingga, harus ada daya dukung pelestarian lingkungan hidup. Sebab, pertumbuhan penduduk akan selalu diiringi dengan meningkatan pembangunan infrastruktur seperti jalan, perumahan dan industri.

’’Karena itulah setiap pembangunan semestinya harus ada kajian tentang lingkungan hidup dan daya dukung lingkungan sebab kalau tidak maka bencana yang terjadi,’’ jelas Deddy.

Sementara itu, Ketua Perkumpulan Pelestari Lingkungan Hidup Dunia (PPLHD) Jabar Tropimus Ginting, penanaman pohon dilakukan sebanyak 70 ribu bibit pohon produktif disebar ke 12 desa dan satu kelurahan se-Kecamatan Rancaekek.

Menurutnya, pohon dibagikan seperti pohon nangka, mangga, kopi, tangkil dan jeruk memiliki daya serap air yang tinggi. Sehingga dapat meminimalisir terjadinya potensi banjir yang sering terjadi di wilayah Rancaekek.

Selain itu, sari sisi ekonomi, pohon-pohon tersebut memiliki nilai ekonomi tinggi bagi masyarakat karena hasilnya bisa dimanfaatkan atau dijual setelah dua sampai tiga tahun.

’’Saya kira ini inisiatif masyarakat perlu diapresiasi, gerakan yang sangat baik kalau tidak seperti tak akan berhasil,’’ ucap Tropimus.

Untuk itu, pihaknya akan terus melakukan penghijauan di seluruh wilayah Jabar. Dari 5.319 Desa di Jabar rencananya akan dilakukan penanaman pohon sebanyak 5.000 bibit pohon di tiap desa.

’’Jabar harus kembali hijau karena itu kami akan mengawalinya di Kabupaten Bandung. Kami dari PPLHD bagaimana caranya secara terus menerus akan melaksanakan penanaman pohon di tiap-tiap desa, kami anggarkan di tiap desa sebanyak 5.000 pohon,’’ kata dia.

Ditempat sama, Camat Rancaekek Baban Ganjar mengatakan, dalam acara tersebut telah dikerahkan masyarakat dari berbagai komponen. Hal ini, dilakukan agar gerakan penanaman pohon bisa dilakukan sampai tingkat pelosok desa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan