71 Jalan di KBB Berganti Nama

NGAMPRAH– Sebanyak 71 ruas jalan baik jalan nasional, provinsi, ataupun kabupaten resmi berganti nama. Hal itu sesuai dengan keputusan yang dikeluarkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat Yayat T. Soemitra. Penggantian sejumlah nama jalan tersebut merupakan nama jalan selama puluhan tahun telah dipergunakan dan melekat dalam ingatan masyarakat. Secara keseluruhan,ada nama Jalan Raya Tangkubanparahu menjadi Jalan Ir Soekarno yang paling menyita perhatian.

Yayat mengungkapkan, keputusan itu diterbitnya berdasarkan surat keputusan Bupati Bandung Barat Nomor : 188.45/Kep–Bag Tapem/2018, tentang Penetapan Pemberian Nama Jalan di Wilayah Kabupaten Bandung Barat yang ditandatangani Plt Bupati KBB Yayat T. Soemitra. Yayat mengatakan jika perubahan nama-nama jalan itu telah dibahas oleh sejumlah pakar dan tim selama tiga bulan.

“Di KBB ada 140 jalan nasional, provinsi, dan kabupaten. Saya bercita-cita nama-nama jalan di KBB bisa dibuat tema-tema tertentu dan per wilayah. Misalnya di Lembang pakai nama-nama kecamatan, di Parongpong pakai nama-nama bunga,” katanya kemarin.

Yayat menuturkan, pemberian nama jalan merupakan salah satu aplikasi terjemahan Pemkab Bandung Barat dalam melaksanakan Spirit of Bandung. Soekarno adalah nama sosok yang telah dikenal oleh dunia sehingga fasilitas umum harus disempurnakan dengan nama besar juga. Menurutnya, tidak perlu dikhawatirkan penggantian nama ini akan mengurangi kesakralan dan kebesaran Tangkubanparahu. “Tidak perlu dikhawatirkan nama Soekarno ini akan mengurangi kebesaran Tangkubanparahu, justru kita harus bangga,” katanya.

Sebaliknya, Yayat menilai pemberian nama Soekarno adalah sebagai niat untuk lebih membesarkan kembali Tangkubanparahu. Hal ini sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari peringatan HUT ke-11 KBB beberapa waktu lalu yang simbolisasinya diawali dengan tradisi berziarah ke makam para Bupati Bandung. Dia pun yakin Soekarno yang pernah lama di Bandung pernah menginjakkan kakinya di Gunung Tangkubanparahu.
“Bung Karno yang lama di Bandung pasti juga bangga kepada Tangkubanparahu. Bukan hanya nama Soekarno, kami juga menyiapkan nama KH Abdurrahman Wahid dari mulai Jalan Padasuka Cimahi sampai Jalan Panaris,” sebutnya.

Lebih lanjut dia menyebutkan, di KBB ada 140 jalan nasional, provinsi, dan kabupaten. Itu belum termasuk jalan lingkungan dan ada 80 nama jalan yang belum diberikan nama. Sementara Camat Lembang yang hadir para peresmian Jalan Ir Soekarno, Slamet Nugraha mengatakan, pergantian nama jalan khususnya di wilayah Lembang menjadi sebuah kebahagiaan bagi pihaknya. Hal ini perlu ditindaklanjuti, dipahami, dan dilaksanakan di wilayah KBB. “Harapan kami dengan pergantian nama ini bisa dipahami dan diterima semua pihak,” pungkasnya. (drx)

Tinggalkan Balasan