7 Juni Distribusi Logistik Kelar

BANDUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat mempercepat proses pencetakan dan distribusi logistik surat suara. Selain itu menurut Komisioner KPU Jawa Barat, Endun Abdul Haq mereka juga mempercepat proses produksi kotak suara.

Dikatakan Endun, pihaknya sudah menginstruksikan 27 KPU kabupaten / kota untuk segera mengelola logistik surat suara mulai dari sortir, loading dan packing. Dan dalam proses tersebut diwajibkan untuk memperhatikan antara lain tepat jumlah, kualitas dan tepat sasaran.

”Karena pengelolaan logistik ini di bulan Ramadan tentu perlu membuat SOP kepada para pengelola logistik di daerah-daerah agar kewajiban terhadap tepat jumlah, kualitas dan sasaran dapat terlaksana dengan baik,” tutur Endun di KPU Jawa Barat Jalan Garut kemarin (25/5).

Meski demikian dia memprediksi kendala yang akan dihadapi yakni terkait jalur distribusi. Ramadan biasanya arus lalu lintas pada, karena itu dirinya menargetkan produksi dan distribusi logistic kelar 7 Juni 2018.

Alasan itulah, distribusi surat dan kotak suara akan lebih diprioritaskan untuk kawasan Jabar Selatan seperti Kota Banjar, Pangandaran. Daerah daerah tersebut akan menjadi prioritas pertama. Kedua, distribusi kabupaten-kabupaten kota besar seperti, Bogor, Bekasi dan Kabupaten Bandung. ”Daerah yang menjadi paling utama itu di Pangandaran, Banjar, Ciamis, Tasikmalaya, Kuningan, Cirebon, dan Bogor,” terang dia.

Sementara itu untuk jumlah surat suara yang rencananya akan dicetak dan distribusikan kurang lebih 33 juta, dimana ada penambahan surat suara sekitar 2,5 persen dari total DPT.

”Tapi itu (terkait jumlah) nanti akan dicek kembali digit jumlahnya. Sedangkan untuk kotak suara, saat ini sedang dalam proses pengadaan dan saya belum punya datanya, karena masih proses pengadaan dan perhitungan stock of name,” ujarnya.

Lanjut dia, untuk menjaga keamanan surat suara akan disimpan di Pabrik Gramedia Cikarang, dan untuk pelipat kertas pihak KPU akan memberdayakan anggota PPS dan PPK. ”Tujuannya supaya mereka mengetahui jumlah surat suara tersebut ditambah dengan masyarakat lainnya,” tutupnya.

Sementara itu sebanyak 856.101 surat suara Pemilihan Gubernur Jawa Barat, Kamis (24/5) sekitar jam 18.30 tiba di Kantor KPU Sumedang. Kepala Divisi Logistik KPU Sumedang, Usman menyebutkan surat suara dikemas dalam 429 dus diangkut menggunakan kendaraan tronton dengan nomor polisi N 8202 CE.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan