404 Calon Haji Berangkat Hari Ini

NGAMPRAH– Sebanyak 404 calon jamaah haji asal Kabupaten Bandung Barat yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 37 akan diberangkatkan hari ini, Sabtu (28/7). Calhaj tersebut akan mulai dilepas di Pusdikav Padalarang pada pukul 12.45 WIB. “Dari Bandung Barat ini adalah kloter pertama yang berangkat. Mereka akan menginap semalam di asrama haji Bekasi untuk kemudian terbang ke Arab Saudi pada Minggu (29/7/2018) pukul 11.45 WIB,” jelas Kasi Haji Kantor Kementerian Agama (Kemenag) KBB Rahmat Hidayat, Jumat (27/7).

Rahmat menyebutkan, hingga kini persiapan keberangkatan sudah 100%. Semua sesuai dengan rencana dan tidak ada laporan calon jamaah yang menunda atau membatalkan keberangkatannya. Mereka yang berangkat di asrama haji akan diberi visa, buku rekam medis, uang living cost 1.500, dan uang pengganti pasor. Selain itu, untuk tahun ini jamaah haji juga akan diberi gelang khusus identitas masing-masing. “Gelang itu merekam data-data pribadi termasuk asal jamaah dan kloternya. Sehingga ketika ada jamaah yang tersesat bisa langsung diidentifikasi dari gelang itu,” kata Rahmat. 

Dia pun mengimbau kepada calon jamaah haji yang berangkat untuk menjaga kesehatan, fisik, dan staminanya agar lancar dalam menjalankan ibadah. Ini dikarenakan cuaca saat ini di Arab Saudi sedang dalam kondisi panas yang cukup ekstrem sehingga dikhawatirkan menjadi kendala bagi jamaah haji. “Calon jamaah haji harus bisa menjaga stamina dan istirahat yang cukup,” sarannya. 

Menurutnya, tahun ini KBB mendapatkan kuota haji sebanyak 1.129 jamaah, namun yang berangkat hanya 1.127 karena yang dua orang tidak melunasi BPIH dengan alasan menunda keberangkatan. Calon jamaah haji KBB itu terbagi dalam Kloter 37 sebanyak 404, Kloter 59 sebanyak 33 orang bergabung dengan jamaah calon haji Kabupaten Bandung, dan Kloter 90 sebanyak 404, di luar petugas TKHI, TPHD, TPHI dan TPIH. “Untuk calon jamaah haji asal KBB yang tergabung dalam kloter 59 akan berangkat 3 Agustus 2018, dan Kloter 90 berangkat 12 Agustus 2018. Harapan kami proses haji tahun ini bisa berlangsung aman, nyaman dan sukses,” tandasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan