12 Partai Politik Lolos Verifikasi Faktual

Bandung – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Barat menyatakan, sebanyak 12 partai politik lama yang sudah diverifikasi faktual di tingkat provinsi dinyatakan memenuhi syarat atau lulus. Dua belas partai politik tersebut yaitu, PDI Perjuangan, Nasdem, Golkar, Demokrat, PPP, PKB, Hanura, Gerindra, PAN, PKS, PBB dan PKPI.

”Hasil verifikasi faktual  ini dapat disimpulkan semua memenuhi syarat atau lolos dari proses verifikasi faktual, dan hasilnya melalui berita acara akan diberikan kepada 12 partai politik yang telah lolos tersebut,” tutur Komisioner Divisi Hukum KPUD Jawa Barat, Agus Rustandi di Aula Setia Permana KPU Jabar, Jalan Garut, Bandung, kemarin (31/1/).

Menurut Agus, KPUD Jawa Barat dalam proses verifikasi faktual ini  hanya memeriksa tiga aspek. Yaitu, kepengurusan, domisili dan keterwakilan perempuan minimal 30 persen yang menjadi persyaratan lolos atau tidaknya partai politik peserta Pemilu 2019.

“Dan dari hasil verifikasi faktual yang dilakukan dilapangan semua partai politik kebanyak memenuhi persyaratan tersebut,” jelasnya.

Kendati sudah dinyatakan lolos verifikasi faktual, terang dia, hal ini tidak menjamin 12 partai politik ini lolos juga di tingkat kabupaten/kota ataupun pusat. Sebab, ada beberapa item persyaratan yang akan diverifikasi faktual dinilai sedikit rumit.

”Seperti, persyaratan minimal keanggotan partai politik di tingkat kabupaten/kota dan biasanya persyaratan ini yang menjadi kendala,” terangnya.

Sehingga, saat ini penetapan peserta pemilu belum bisa ditetapkan karena selain hal tersebut merupakan kewenangan KPU pusat, juga verifikasi faktual di tingkat kabupaten dan kota masih dilakukan, dan hari ini (1/2) merupakan hari terakhir.

”KPUD Jabar hanya melaksanakan verifikasi faktual di tingkat provinsi, kabupaten dan kota. Hasilnya ini nanti akan dilaporkan ke KPU pusat dan nanti keputusan akhirnya (penetapan) akan dilakukan oleh KPU pusat bukan kita,” urainya.

Adapun untuk proses verifikasi faktual partai baru tambah Agus Rustandi, dari empat partai politik baru yaitu Partai Perindo, Garuda, Berkarya dan PSI, sejauh ini baru Partai Perindo yang sudah memenuhi persyaratan keanggotaan.

”Selebihnya tiga partai politik baru yaitu, Garuda, Berkarya dan PSI masih melakukan proses verifikasi keanggotaannya. Apakah memenuhi batas minimal atau tidak, dan nanti akan kelihatan setelah proses ini selesai,” tambahnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan