Yamaha Rebut Posisi Start 1-2 di MotoGP Italia

jabarekspres.com – Yamaha menguasai posisi start 1-2 dalam kualifikasi MotoGP Italia. Maverick Vinales pole position dan Valentino Rossi start dari posisi kedua.

Sesi dibuka dengan penampilan mengejutkan dari Michele Pirro, yang tampil berstatus wild card. Ia memimpin pada posisi teratas. Selang satu menit kemudian, giliran pembalap satelit Pramac Racing, Danilo Petrucci yang terdepan.

Sempat diambil alih juara dunia bertahan Marc Marquez, Petrucci kembali menduduki posisi pertama. Pada saat ini, Vinales naik ke posisi kedua dan Rossi berada pada posisi kelima.

Memasuki empat menit tersisa, terjadi perubahan pada posisi teratas. Dani Pedrosa melompat dari posisi kelima untuk menempati posisi terdepan. Tapi, lagi-lagi tak bertahan lama, karena Alvaro Bautista memperbaiki catatan waktunya.

Dan pada dua menit terakhir, Vinales merebut posisi pertama dari Bautista dengan catatan waktu tercepat 1 menit 46,575 detik. Pembalap Yamaha itu berhasil mempertahankan status pole-sitter hingga sesi kualifikasi berakhir.

Rossi melengkapi dominasi Yamaha dengan menempati posisi kedua. Raihan yang layak diapresiasi, mengingat kondisi The Doctor belum fit 100%. Dan melengkapi start baris depan adalah Andrea Dovizioso yang lebih lambat 0,260 detik.

Posisi start keempat diisi Pirro, yang mengungguli duo Repsol Honda: Pedrosa dan Marquez. Start keenam yang ditorehkan sang juara dunia bertahan ini jelas bukan raihan mengesankan.

Jorge Lorenzo menempati posisi ketujuh, di depan Bautista dan Petrucci. Pembalap Pramac Racing awalnya sempat naik ke posisi kedua. Akan teapi, catatan waktunya dibatalkan karena ia melewati batas trek di Tikungan 5.

Pembalap Marc VDS Racing, Tito Rabat, mencetak hasil apik untuk start dari posisi ke-10. Ia di depan rookie Johann Zarco, yang tampil kurang baik, dan Aleix Espargaro, yang sempat mengalami kecelakaan di Tikungan 9. (MS/BE)

Hasil Kualifikasi MotoGP Italia :
1. Maverick Viñales ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 1m 46.575s [Lap 6/7] 340km/h (Top Speed)
2. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 1m 46.814s +0.239s [6/7] 343km/h
3. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP17) 1m 46.835s +0.260s [6/7] 350km/h

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan