Wujudkan Kesatuan Siap Operasional

jabarekspres.com, PANGALENGAN – Kodam III/Siliwangi menggelar Apel komandan satuan (Dansat) tersebar Tahun Anggaran 2017. Kegiatan tersebut dipusatkan di Sekolah Calon Tamtama (Secata) Rindam III/Slw, Jalan Raya Pangalengan, Sukamanah, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Selasa (4/4).

Apel Dansat mengambil tema “Melalui Apel Dansat tersebar Kodam III/Siliwangi Tahun Anggaran 2017 Kita mantapkan peran Dansat dalam pembinaan satuan untuk mewujudkan satuan yang siap operasional”.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Muhammad Herindra yang membuka kegiatan mengatakan, apel Dansat sebagai tindak lanjut guna terwujudnya pemahaman yang sama terhadap pokok-pokok kebijakan Pimpinan TNI AD hingga ke level pimpinan satuan terkecil.

”Kegiatan ini juga merupakan wadah untuk silaturahmi antarunsur pimpinan dari tingkat Danki/Danramil hingga dengan Panglima, sehingga mempererat rasa persaudaraan sebagai keluarga besar Kodam III/Siliwangi,” kata Herindra saat memberikan sambutannya, di Apel Dansat.

Herindra mengungkapkan, Apel Dansat ini pun harus menjabarkan dalam masalah program kesatuan, untuk mengintegrasi permasalah yang di temukan di satuan-satuan kodam III/Siliwangi, sehingga dapat di rumuskan lebih jelas konsep pembinaan yang dilakukan.

”Massa sekarang yang harus tercapai adalah terwujudnya kesiapan operasional kesatuan yang optimal serta prajurit prajurit yang profesional yaitu prajurit yang disiplin, jago perang, jago tembak, jago bela diri dan memiliki fisik yang prima,” ungkapnya.

”Tema tersebut tentu saja bukan sebatas slogan semata, tetapi hendaknya menjadi pendorong para Dansat untuk terus memperkuat komitmennya dalam menerapkan Binsat demi memantapkan dan meningkatkan kwalitas kesatuan agar mampu menjawab tuntutan dan mewujudkan keberhasilan satuan dan melaksanakan tugas pokok,” ucapnya.

Dia juga menjelaskan, Kodam III/Siliwangi sebagai integral yang bagian dari TNI angkatan darat, serta mempunyai tugas pokok menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI khususnya di wilayah Jabar dan Banten. Dengan cara menjaga adalah melaksanakan pembinan yang efektif dan efisien serta dilaksanakan dalam satu sirklus pembinaan secara berkelanjutan.

”Namun, dalam perencanaan apel dansat ini, masih banyak ditemukan beberapa kendala dan permasalah yang perlu ditindaka lanjuti secara tepat cepat dan kontinew,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan