Welcome Back Persebaya

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Penantian panjang publik sepak bola Surabaya akhirnya terjawab sudah. Siang kemarin (8/1), Kongres Tahunan di Hotel Aryaduta, Kota Bandung, PSSI akhirnya memutuskan untuk mengakui kembali status keanggotaan Persebaya Surabaya. Termasuk menetapkan klub berjuluk Green Force itu menjadi peserta Divisi Utama Liga Indonesia musim 2017.

Pengambilan keputusan mengenai status Persebaya berjalan mulus tanpa hambatan sedikit pun. Kongres pun berjalan sangat singkat, sekitar 1 jam. Mulai sidang pukul 10.30, ditutup pukul 11.35. Padahal 13 agenda kongres dijadwalkan selesai pukul 15.00.

Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi yang memimpin kongres bersama Sekjen Ade Wellington sejak awal meminta pra voters untuk tidak lagi berpolemik soal status Persebaya dan enam klub lainnya, yakni Arema Indonesia, Persibo Bojonegoro, Persema Malang, Persewangi, Persipasi Bekasi, dan Lampung FC.

”Terkhusus untuk Surabaya. Dan tanpa mengecilkan klub lainnya, izinkan saya untuk menentukan ini. Persebaya saya tetapkan masuk Divisi Utama,” kata Edy yang langsung disambut tepuk tangan peserta kongres.

Menurut Edy, ada lima klub legendaris di Indonesia yang memberi andil besar dalam sejarah persepakbolaan Indonesia. Kelima klub itu adalah PSM Makassar, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSMS Medan. ”Saya tidak mau tanya lagi setuju atau tidak setuju. Langsung saja saya ketuk palunya sebagai tanda setuju,” timpal pria yang juga Panglima Komando Cadangan Strategi Angkatan Darat (Pangkostrad) itu.

CEO PT Persebaya Indonesia Cholid Ghoromah dan Manajer Persebaya Choesnoel Farid yang duduk di kursi peninjau langsung bersalaman. Sementara, Kardi Suwito, direktur pengembangan usaha dan bisnis Persebaya langsung menelepon salah seorang suporter Persebaya (Bonek) yang ada di GOR Pajajaran, Bandung, untuk mengabarkan keputusan kongres tahunan tersebut. Para peninjau yang lain juga langsung mendatangi para petinggi klub yang bermarkas di Jalan Karanggayam itu untuk memberi ucapan selamat.

Edy lantas melanjutkan mengambil keputusan terkait enam klub lain selain Persebaya. Menurut jenderal dengan bintang tiga di pundak itu, enam klub tersebut statusnya kembali diakui sebagai anggota PSSI dan dimasukkan sebagai peserta liga nusantara. ”Ibaratnya orang yang baru sembuh dari masa amputasi, dia harus diberikan kesempatan untuk belajar berjalan,” papar pria berusia 55 tahun itu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan