Warga Kota Sukabumi Diajari Hidup Bersih

jabarekspres.com, SUKABUMI – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Cipta Karya menyosialisasikan pelaksanaan program sanitasi berbasis masyarakat (sanimas) di halaman Balai Kota Sukabumi, kemarin (23/7). Program itu tentunya akan mendorong masyarakat agar memahami pentingnya sanitasi.

“Sanitasi itu kan perilaku disengaja dalam berbudaya hidup bersih dengan harapan bisa menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia. Maskanya masyarakat harus betul-betul memahaminya,” terang Wakil Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, kemarin.

Bukan perkara mudah menyosialisasikan pentingnya sanitasi. Butuh waktu cukup lama mengubah perilaku masyarakat. “Tapi kami targetkan bisa mengedukasi masyarakat,” tuturnya.

Upaya mengedukasi masyarakat misalnya dilakukan dengan mengunjungi lingkungan sekolah maupun langsung ke kawasan permukiman masyarakat. Utamanya lingkungan masyarakat di daerah perbatasan yang notabene biasanya bermasalah dengan air bersih, drainase, maupun sampah. “Alhamdulillah, sejauh ini sanitasi di Kota Sukabumi sudah oke di setiap kecamatan. Jika ada industri yang membuang limbah sembarangan, akan kami tindak tegas,” tegasnya.

Kasubdit Standarisasi dan Kelembagaan PPLP Kementerian PUPR, Marsaulina, mengatakan sosialisasi sangat penting sebagai upaya mendorong seluruh elemen memahami soal sanitasi. Semuanya harus sadar bagaimana membuang sampah harus pada tempatnya, cuci tangan sebelum makan, serta memperlakukan prinsip 3R atau reuse, reduce, and recycle. “Harus dari sekarang menerapkan pola-pola sanitasi itu,” tegasnya.

Peran pemerintah daerah sangat penting dalam sosialsiasi. Pasalnya, tak sedikit terdapat daerah yang memang tertinggal menerapkan sanitasi yang baik. “Minimalnya, masyarakat tak membuang sampah sembarangan, apalagi buang limbang sembarangan,” tuturnya.

Dampak menjaga sanitasi tak akan dirasakan dalam jangka pendek. Efeknya akan terasa beberapa puluh tahun ke depan. “Harus ada sinergi antara pemerintah dan masyarakat,” pungkasnya. (mg35)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan