Warga Bojongmalaka Keluhkan Minimnya PJU

jabarekspres.com, SOREANG  – Warga dan pengguna jalan di Desa Bojongmalaka Kecamatan Baleendah kabupaten Bandung mengeluhkan minimnya penerangan jalan umum (PJU) di Jalan raya Rancamanyar- Baleendah.

Kondisi ini menyebabkan saat malam hari, menjadi gelap gulita. Sehingga, membuat pengguna jalan merasa tidak aman untuk melakukan perjalanan.

Edi Firmasyah, 42, warga Baleendah yang mengaku, sering melintasi jalan tersebut selalu was-was bila keluar malam hari

“Kalau malam, gelap sekali. Harusnya sudah ada PJU disini. Kalau seperti ini, orang jadi was-was keluar malam-malam,” katanya saat ditemui di bojongmalaka kemarin,  (15/11).

Hal serupa diungkapkan, Agus Hedi, 45, pengguna jalan yang setiap malam melintasi jalan tersebut. dia mengatakan, perlu perhatian pemerintah. Sebab, keadaan sepi dan gelap dikhawatirkan dimanfaatkan pelaku kriminalitas.

“Kalau kondisi jalan gelap bisa saja ada oknum begal atau maling. Tapi sebaliknya bila terang, mereka akan berpikir dua kali,” jelas Agus

Menurutnya sebenarnya terdapat Lampu PJU di beberapa ruas jalan raya Rancamanyar – Baleendah tetapi hampir semuanya mati.

“Udah lama itu mati, selama ini memang nggak perah hidup, padahal jalan ini merupakan jalur alternatif bagi pengendara yang mau ke kota bandung ketika baleendah dan dayeuhkolot terendam banjir,” akunya

Warga berharap lampu PJU yang mati tersebut segera diperbaiki dan perlu ditambah pembuatan PJU baru agar sepanjang jalan terang. Sebab kondisi jalan yang gelap sangat membahayakan pengendara. Selain itu juga rawan terjadi tindak kriminalitas.

“Tolong ini diperhatikan, karena semua warga yang melintas di jalan ini pasti merasakan khawatir kalau jalanya gelap,” ujarnya.

Menanggapi keluhan warga tentang minimnya PJU, Kepala UPT PJU Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Kabupaten Bandung Kunaefi mengaku tengah menginventalisir jumlah lampu PJU yang ada di jalan tersebut.

Pihaknya, tidak menapik adanya keluhan warga soal PJU dibeberapa titik sepanjang jalan tersebut banyak yang mati. Bahkan, dia mengaku tengah fokus memperbaiki dan pembangunan lampu PJU yang berada di Jalan se Kabupaten Bandung baik yang perlu ditambah ataupun PJU yang kondisinya mati.

Tinggalkan Balasan