Warga Asli Cimahi Kecewa dengan Mudik Gratis

jabarekspres.com, CIMAHI – Program mudik geratis yang disediakan Pemkot Cimahi menuai masalah bagi masyarakat yang hendak mendaftar untuk mudik ke kampung halamannya.

Budi Miftahudin (38) salah satu warga Jalan karya bakti Rt 01 Rw 16 merasa kecewa dengan adanya mudik gratis ini. Sebab, fasilitas tersebut hanya diberikan untuk bukan warga asli kota Cimahi.

Menurutnya, seharusnya pemkot tidak memilah milah warganya untuk memberikan fasilitas mudik tersebut. Pasalnya, warga asli kota Cimahi sebetulnya banyak yang membutuhkan fasiltas ini.

” Ini kan jadi pertanyaan bersama dan ini akan menjadi kecemburuan sosial,” ujarnya, Saat ditemui di Gedung Perkantoran Cimahi, Kamis (8/6).

Budi menjelaskan, jika orang luar Cimahi yang cari kerja di Cimahi di fasilitasi oleh pemerintah kota, seharusnya warga asli harus diberikan fasiliatas yang sama. Apalagi uang yang dihasilkan selama bekerja di Caimahi dibawa keluar daerah

Dirinya menilai, adanya mudik gratis karena alasannya untuk meminimalisir pemudik berkendaraan roda dua, adalah alasan yang tidak sepenuhnya benar. seharusnya jika mau meminimalisir kecelakaan, ada banyak hal yang bisa dilakukan selain dengan mudik gratis. Seperti jalan yang bagus, tata tertib lalu lintas ditaati

“Jika alasannya meminimalisir kecelakaan ya tidak logis,” sebutnya.

Ia berharap, seharusnya pemerintah lebih bijak dalam memberikan kebijakan dan harus melihat dari segi manfaatnya. Sehingga kebijakan tersebut tidak menimbulkan kecemburuan sosial di masyarakat.

“Ini lebih banyak manfaat atau mudharatnya ? Apakah tidak lebih baik kebijakan tersebut diberikan lebih ke pelayanan publik atau pelayanan kesehatan, daripada hanya pelayanan yang setahun sekali,” tandasnya.

Sementara di tempat terpisah, Kepala bidang angkutan dan PJU Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Endang menuturkan, mudik gratis diberikan untuk membantu masyarakat dalam meminimalisir kecelakaan saat mudik.

Menurutnya, program tersebut telah sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat.Terlebih, kebijakan tersebut harus dilaksanakan diseluruh Kabupaten/Kota dan Provinsi

“Mudik gratis ini tidak hanya di Cimahi tetapi mulai dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten kota lain juga melakukannya,” tuturnya,

Menurut Endang, kalau memang ada masyarakat Cimahi yang merasa keberatan, pihaknya tetap akan menghargai pendapat masyarakat tersebut.

Tinggalkan Balasan