Volume Sampah Meningkat Selama Ramadan

jabarekspres.com, BANDUNG -Menjelang pelaksanaan lebaran tahun ini, volume sampah diyakini meningkat hingga beberapa puluh persen. Sebab konsumsi masyarakat di hari raya akan berbeda dengan hari-hari lainnya.

Seiring dengan hal itu, PD Kebersihan Kota Bandung siap mengelola sampah pelaksaan lebaran nanti. Karena diprediksi wisatawan yang akan datang ke kota Bandung akan lebih meningkat. Maka dengan meningkatkan jumlah kunjungan masyarakat, maka dengan sendirinya akan memproduksi sampah.

Manager PD Kebersihan Kota Bandung Deni Nurdyana mengatakan pola kerja H-7 lebaran sampai H+5,  tim khusus PD kebersihan kota Bandung siap bekerja 24 jam. Hal ini untuk mengantisipasi gundukan sampah di sejumlah titik lokasi sampah.

“Jadi seperti ini, bagi PD kebersihan adalah sudaj terbiasa, denagn menjadwalkan kurang lebih 1136 petugas lapangan dan 574 armada pengkut,”katanya.

Lanjut dia, menghadapi lebaran, PD Kebersihan pasti sibuk membersihkan sampah di kota Bandung. Di saat warga Bandung sibuk berbelanja dan liburan. Bahkan warga luar kota Bandung akan mengunjungi sejumlah lokasi wisata yang ada di kota Bandung.

“Berdasarkan pengalaman pula, biasanya ada lebih dari 7 titik lokas yang memproduksi sampah dalam jumlah besar. Masing-masing di jalan  Asia Afrika, Alun-Alun, Otista, Dago, Ujung berung, Cihampelas, Andir, dan jalan Cibaduyut,”katanya.

Untuk mengamankan sampah yang akan menggunung itu, PD Kebersihan akan menambah jumlah personilnya. Bahkan akan di buat tim khusus, yang terdiri dari karyawan PD Kebersihan itu sendiri. Tim penyapu jalan atau pasukan kuning, personil pengangkut kendaraan  oprasional dan staf lainnya.

“Mereka siap bekerja mengelola sampah pada saat lebaran dan masa liburan tanpa mereka libur kerja. Ditambah dengan tim patroli pengawasan kebersihan yang akan bertugas keliling memberikan edukasi, sosialisasi, kemudian akan menangkap tangan pembuang sampah sembarang di jalanan kota,”terangnya

Dia menjelaskan, jadwal pembuangan sampah ke TPA pada malam takbiran akan dibuka sampai dengan pukul 23.00 WIB. Sedangkan untuk hari H akan ditutup.

Dengan bantuan relawan dan komunitas kebersihan,  kota Bandung akan terjaga kebersihan dan keindahannya  di hari libur lebaran nanti. Karena dengan banyak komunitas-komunitas yang peduli sama kebersihan kota, membuat pihaknya merasa terbantu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan