Vinales Raih Pole, Yamaha Kuasai Baris Depan MotoGP Perancis

jabarekspres.com – Skuad Yamaha menguasai start baris depan dalam kualifikasi MotoGP Perancis. Maverick Vinales berhasil merebut pole position, diikuti Valentino Rossi dan Johann Zarco.

Rookie Yamaha Tech 3, Zarco, melaju ke fase kualifikasi kedua (Q2) bersama Andrea Dovizioso. Dan untuk yang kesekian kalinya, pembalap Perancis itu tampil begitu impresif saat memperebutkan posisi start terdepan.

Kualifikasi dibuka dengan kecelakaan yang dialami juara dunia bertahan Marc Marquez. Ia terjatuh di Tikungan 3. Beruntung, sang pembalap tak mendapat cedera serius dan mampu melanjutkan sesi.

Pada 11 menit terakhir, Vinales naik ke posisi pertama. Pol Espargaro kedua, Jack Miller ketiga dan Bradley Smith keempat. Sedangkan, Rossi dan Marquez melengkapi lima besar.

Selang satu menit kemudian, Cal Crutchlow mengambil alih posisi teratas. Pembalap LCR Honda ini lalu meningkatkan catatan waktu dan tetap bertahan di posisi pertama. Adapun, Rossi naik ke posisi kedua diikuti Marquez yang berada di belakangnya.

Pada dua menit tersisa, Vinales melompat dari posisi ketujuh untuk menempati posisi pertama. Ia mencetak 1 menit 32,146 detik. Laju kencang pembalap Yamaha ini rupanya tak berhenti sampai di sini. Ia mempertajam catatan waktunya menjadi 1 menit 31,994 detik.

Vinales akhirnya memastikan status polesitter setelah catatan waktunya tak dapat dikalahkan oleh para rival. Ini merupakan pole yang kedua baginya setelah start terdepan di Qatar. Posisi start kedua ditempati Rossi, yang terpaut 0,106 detik, dan Zarco melengkapi dominasi Yamaha di baris depan dengan raihan start ketiga.

Crutchlow akan start dari posisi keempat, di depan dan sekaligus mengungguli Marquez yang lebih lambat 0,499 detik dari Vinales. Dovizioso membawa Ducati start di posisi keenam, dan pembalap Pramac Racing, Scott Redding pada posisi start ketujuh.

Duo pabrikan KTM meraih hasil terbaik dalam kualifikasi di MotoGP 2017 sejauh ini. Espargaro berhasil menempati posisi start kedelapan, sementara rekan setim Smith di posisi ke-10. Sedangkan, posisi start kesembilan diisi Karel Abraham.

Raihan buruk ditorehkan dua pembalap top. Dani Pedrosa, selain gagal melaju ke Q2, juga harus puas start dari posisi ke-13. Lalu, Jorge Lorenzo terlihat sangat kesulitan menemukan grip dan feeling sepanjang kualifikasi fase pertama (Q1). Ia akhirnya akan start ke-16.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan