Vettel Kembali Ungguli Duo Mercedes di GP Bahrain

(ANDREJ ISAKOVIC/AFP)
Sebastian Vettel kembali mengungguli dua pembalap Mercedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas.

jabarekspres.com – Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel meraih kemenangan keduanya pada musim ini usai finis terdepan pada balapan Formula 1 Grand Prix Bahrain, Minggu (16/4).

Pembalap Jerman itu mengungguli dua rivalnya dari tim Mercedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas, yang mengalami masalah ban sepanjang balapan. Tak dimungkiri pula, strategi pit stop awal turut memengaruhi keberhasilan Vettel meraih podiun teratas.

Padahal, Vettel sebenarnya harus start di belakang duo Mercedes, Bottas dan Hamilton. Bottas pun berhasil mempertahankan posisinya menjelang tikungan pertama. Namun, Hamilton tak mampu mempertahankan posisi kedua karena disalip Vettel pada awal lomba.

Sebastian Vettel kembali mengungguli dua pembalap Mercedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas.

Saat kondisi tak memungkinkan untuk menyusul Bottas, Vettel melakukan perjudian dengan menjadi pembalap pertama yang masuk ke pit. Pembalap Jerman itu berganti dari kompon soft ke supersoft pada Lap 11.

Safety car sempat masuk lintasan akibat insiden kecelakaan yang melibatkan Esteban Gutierrez dan Pastor Maldonado. Kesempatan itu dimanfaatkan duo Mercedes untuk melakukan pit-stop bergantian.

Namun, karena tertunda pit-stop yang dilakukan Bottas, posisi Hamilton diambil alih oleh Ricciardo. Bottas pun juga kehilangan posisi pimpinan balapan setelah diambil alih Vettel.

Nasib nahas belum menjauhi Hamilton. Pada Lap 21, steward menjatuhi hukuman penalti lima detik kepada pembalap Inggris itu setelah dianggap menghalangi Daniel Ricciardo saat melakukan pit-stop pertama.

Menariknya, enam lap setelah itu, Hamilton dengan mudah menyalip Bottas yang tampaknya bagian dari team order.

Berselisih empat lap, Bottas dan Vettel melakukan pit-stop kedua untuk mengganti ban soft. Hamilton lantas melesat ke posisi terdepan.

Saat menjalani penalti lima detik pada pit-stop kedua dan sekaligus mengganti kompon ban soft pada Lap 42, Hamilton harus rela kembali ke lintasan di urutan ketiga, di belakang Bottas. Serupa dengan instruksi sebelumnya, pada 10 lap terakhir, Bottas “mempersilakan” Hamilton menyalip untuk posisi kedua.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here