Vettel Juara, Ferrari Kuasai F1 GP Monako

jabarekspres.com – Strategi pit stop Ferrari antar Sebastian Vettel menjuarai balapan di sirkuit jalan raya Monte Carlo, sekaligus menggagalkan harapan Kimi Raikkonen merebut kemenangan pertamanya sejak 2013.

Pembalap Jerman itu unggul lima detik di depan peraih pole Raikkonen. Kemenangan Vettel juga membawa pembalap Ferrari itu unggul 25 poin di posisi teratas klasemen.

Setelah persaingan sengit di penghujung balapan, Daniel Ricciardo berhasil menjaga posisi podium terakhir. Pembalap Red Bull itu unggul di depan pembalap Mercedes, Valtteri Bottas, dan rekan setimnya, Max Verstappen.

Pembalap Toro Rosso, Carlos Sainz Jr., berada di urutan keenam sekaligus meraih hasil terbaiknya pada musim 2017.

Sementara rival Vettel di klasemen, Lewis Hamilton, finis urutan ketujuh meski harus memulai balapan dari rombongan tengah. Romain Grosjean menyelesaikan balapan di urutan kedelapan.

Pembalap Williams, Felipe Massa, finis kesembilan di depan pembalap Haas, Kevin Magnussen, yang melengkapi finis sepuluh besar.
Jalannya balapan

Sebelum balapan Monako, Jenson Button, yang melakukan penampilan perdana dan juga terakhir di F1 2017, mendapat transmisi radio dari pembalap yang ia gantikan, Fernando Alonso. “Semoga sukses kawan. Saya mengikuti balapan kamu dari televisi, hati-hati dengan mobil saya,” canda Alonso.

Saat lima lampu merah padam, mayoritas pembalap berhasil melewati tikungan pertama Sainte Devote tanpa ada insiden berarti. Raikkonen menjaga posisi pimpinan balapan di depan Vettel dan Bottas.

Pada putaran pertama, Button langsung melakukan pit stop untuk beralih ke kompon supersoft. Sementara pembalap Sauber juga masuk ke pit namun menerapkan strategi yang berbeda – supersoft ke ultrasoft.

Saat keluar dari kotak pitnya, Wehrlein nyaris bersenggolan dengan mobil Button. Setelah dilakukan investigasi, pengawas balapan pun menjatuhi hukuman penalti lima detik kepada Wehrlein.

Memasuki putaran ke-14, Raikkonen masih berada di posisi pimpinan dengan jarak keunggulan 2,5 detik. Akan tetapi Vettel perlahan-lahan mampu memangkas jarak dan mulai mendekati rekan setimnya itu.

Dua putaran kemudian, Nico Hulkenberg menghentikan mobilnya di luar tikungan Portier, ia pun menjadi pembalap pertama yang tersingkir dari balapan hari ini. Sebelum berhenti, mobil RS17 yang ia kemudikan sudah terlihat bermasalah dan menyemburkan kepulan asap. Dari transmisi radio Renault, diketahui bahwa mobil pembalap Jerman itu mengalami masalah girboks.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan