Urban Farming, Bangun Kebersamaan

jabarekspres.com, BANDUNG – Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) menjadi terobosan yang patut menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia. Menurut Wakil Wali Kota Bandung Ded M Danial hal ini terbukti dengan berhasilnya kegiatan urban farming di RW 04, Kelurahan Pajajaran.

Wakil Walikota Bandung yang akrab disapa Mang Oded mengatakan dirinya merasa bangga dengan Keberhasilan RW 04 dalam Mempertahankan Keberhasilan Urban Farmingnya

”Ternyata hari ini saya bisa melihat masyarakat di Kota Bandung sudah mampu berkolaborasi membangun kebersamaan dengan regulasi yang ada,” ujar Wakil Wali Kota Bandung Ded M Danial saat berkunjung ke lokasi Urban Farming RW 04 Kelurahan Pajajaran Kecamatan Cicendo, kemarin (22/10).

Lebih lanjut dikatakan Mang Oded, ketika Pemerintah membuat program PIPPK, terlihat ada perkembangan dan hasilnya. Oded juga mengatakan dirinya sangat senang saat mengetahui ternyata anggaran PIPPK sangat tepat sasaran dan bisa secara Optimal membantu pembangunan di Kewilayahan ditunjang Soliditas Kewilayahan dari Level Camat , Lurah hingga RW.

”Secara umum ini jadi indikator bahwa PIPPK berhasil dan tepat sasaran semoga kedepannya bisa jadi contoh di RW lain di kota bandung untuk lebih Kreatif dan inovatif dalam menyerap anggaran PIPPK,” pungkasnya.

Sementara itu menurut Ketua RW 04 Wawan S. di Bantaran Sungai Sepanjang RW 04 warga telah berhasil menanam 300 Jenis Tanaman Produktif jenis sayuran hingga tanaman Obat dan Herbal.

”Di atas bantaran sungai ini kita telah menanam 300 tanaman produktif sejak dicanangkannya kampung berkebun oleh Wali Kota Bandung dan Wakil Wali Kota Bandung tahun 2014,” ujarnya.

Wawan juga menambahkan sejak tahun 2014 hingga Tahun 2016 Urban Farming di RW 04 telah menjadi juara dalam berbagai Kompetisi Urban Farming baik di tingkat Kita maupin Provinsi.

“Yang terakhir tahun 2016 ini kita Juara 2 pada kategori herbal dan juara juga pada kategori Urban Farming RW semakin depan , sampai kami sering di jadikan acuan saat berkaitan dengan Urban Farming di Kota Bandung,” jelas Wawan.

Wawan berharap dengan kedatangan Wakil Wali Kota ke RW 04 bisa menjadi motivasi dan bisa mewujudkan RW 04 menjadi kampung wisata. “Harapannya kedepan bisa melancarkan RW 04 ini jadi Kampung Wisata karena sudah ada juga yang mau menawarkan, tinggal mungkin proses administrasi serta aturannya yang harus ditempuh,” tutup Wawan. (ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan