Upaya Desa Suntenjaya Jadi Daerah Tujuan Wisata

jabarekspres.com, BANDUNG BARAT – Setelah mendapat predikat desa wisata, Pemerintahan Desa Suntenjaya Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), terus berbenah.

Kepala Desa Suntenjaya, Asep Wahono

Desa yang berada pada ketinggian 1260 Dpl itu, memiliki potensi alam yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain pertanian dan peternakan, Desa Suntenjaya menjadi daerah tujuan wisatawan, baik lokal maupun asing. Sehingga tak salah jika pemerintah menobatkan desa ini sebagai desa wisata.

Kepala Desa Suntenjaya, Asep Wahono mengatakan, dengan kondisi geografis yang dimiliki, Desa Suntenjaya telah banyak memberikan manfaat bagi warganya.

Menurut Asep, mulai dari pertanian, peternakan, perkebunan hingga pariwisata, menjadi sektor utama yang memberikan peningkatan ekonomi masyarakat Desa Suntenjaya.

Masih menurut Asep, hingga saat ini sektor pariwisata terus dikembangkan. Selain wisata agro dan wisata air terjun, saat ini juga tengah dikembangkan wisata budaya.

“Makanya kami terus menata wilayah kami, mulai dari kantor desa. Biar terlihat unik, kami balut dinding kantor dengan kayu yang ada di sekitar wilayah kami” kata Asep.

Bahkan, untuk memiliki identitas, selain dinding dibalut kayu, ruangan dan mebeler pun dibuat dari kayu, sehingga terkesan artistik.

“Kan namanya desa wisata, biar terlihat unik dan ada identitas sendiri,” tambahnya.

Asep mengklaim, bahwa desain interior kantor desanya merupakan kantor terunik di Jawa Barat. Sehingga siapapun yang masuk kedalamnya akan merasa kagum.

“Kami juga jadikan kantor kami sebagai pusat informasi wisata, sehingga akan memudahkan wisatawan yang akan berkunjung ke tempat tempat yang diinginkan wisatawan,” paparnya.

Untuk menunjang perkembangan pariwisata tersebut, pemerintahan Desa Suntenjayapun telah membuka jalan baru sebanyak lima titik.

“Selanjutnya kami akan buka tiga lagi jalan baru, dan sudah selesai lima titik, semuanya dikerjakan secara bergotong royong,” tandasnya.(eko/din)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan