UMKM Harus Bisa Online

jabarekspres.com, BANDUNG – Pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) patut bersyukur. Sebab, Kementerian Komunikasi dan Informasi memberikan fasilitas satu juta domain untuk mengembangkan usaha secara online.

Kepala Dinas UMKM dan Koperasi Dudi Sudrajat mengatakan, langkah ini selaras dengan program yang dikembangkan Pemprov Jabar untuk menciptakan 100 ribu wirausaha baru.

Sehingga, selain diberikan bimbingan dan pelatihan bagi para pelaku usaha kecil akan diberikan fasilitas domain suntuk bisa berbisnis dengan sistem online.

Selain fasilitas domain ini, kata dia, juga membantu dengan memasarkan melalui jaringan digital penjualan online yang lebih besar. Dengan begitu, produk yang dipasarkan bisa terkenal lebih luas.

”Jadi langkah ini sangat tepat. Kebetulan sekarang kita sedang menyelenggarakan hari UMKM online yang digagas Kominfo pusat,” kata Dudi kemarin (31/3). Dia mengatakan, hingga saat ini banyak pengusaha yang memanfaatkan internet. Dengan kata lain, pengusaha masih mengandalkan penjualan offline.

Secara global, kata dia, Indonesia masih kalah jauh dengan Negara tetangga dalam pemanfaatan internet untuk penjualan. Bahkan jauh tertinggal dari Tiongkok yang sudah menggunakan sistem e-Commerce.

”Tapi saya yakin, Indonesia dan khususnya Jawa Barat mampu bersaing dengan produk-produk luar,” tegasnya.

Di samping itu, dukungan lain dari pemerintah juga muncul dari bantuan kredit. Di antaranya dari pemerintah pusat melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kredit Cinta Rakyat (KCR).

Alhamdulilah penyerapannya cukup baik. Bahkan dana bergulir yang disalurkan untuk usaha kecil sudah kembali dan digulirkan kembali,” ucap dia. Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mendukung penuh Gerakan Meng-online-kan 100.000 UKM secara serentak di 30 kota di Indonesia ini.

Menurutnya, dengan gerakan marketing online, para pelaku UKM tidak lagi terbebani dengan biaya iklan yang tinggi. Sebab, pelaku usaha kecil bisa memasarkan langsung produknya hingga bisa dilihat oleh seluruh dunia.

Dia menilai, dengan marketing secara digital ini sangat memungkinkan pelaku UKM untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar. Walaupun tidak sepenuhnya dapat unggul, setidaknya dengan cara pemasaran online semua berkesempatan untuk menjajakan hasil produksinya, termasuk para pelaku UKM.

Tinggalkan Balasan