Tumbuhkan Generasi Emas, Telkom University Gelar SOIL

jabarekspres.com, BANDUNG – Generasi Mil­lennial adalah generasi yang lahir dalam rentang waktu 1980-2000. Dengan kata lain, generasi Millennial adalah anak-anak muda yang saat ini berusia 15 tahun sampai 35 tahun. Akhir-akhir ini, ge­nerasi Millennial banyak di­perbincangkan karena me­miliki karakter khusus, dan diperkirakan akan akan men­jadi aset masa depan Indonesia. Periode 2015-2020 merupakan kesempatan emas bagi gene­rasi millennial untuk mema­suki area pembangunan negeri.

Memahami lonjakan gene­rasi muda potesial, Telkom University gelar sarasehan “Millennial Today and Tomor­row” Tel-U X FOJB School of Millennial Leaders (SOIL). Aktifitas ini sedikitnya menja­ring 100 aktfis Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Sekolah Menengah Atas dan setara se-Jawa Barat. Wakil Rektor bidang Admisi dan Kerjasama Internasional Dr. Ama Suyanto menjelaskan, upayanya dalam bentuk membangun kesadaran ge­nerasi muda agar produktif.

“Generasi milennial ini poten­sial sekali untuk dibentuk, hendak menjadi apa mereka bergantung dari bagaimana pembinaannya, dan kami sebagai institusi pen­didian berkewajiban untuk me­numbuhkan generasi milen­nial ini sebagai generasi progres­sif dan produktif,” tegasnya.

Menurutnya, Generasi mil­lennial dinilai cenderung cuek pada keadaan sosial, dan hanya mengejar kebanggaan akan merk/brand. Sejalan dengan itu, banyak fakta dan mitos yang beredar tentang generasi millennial, serta ste­reotype malas dan narsis. Padahal, dengan sentuhan budaya yang berbeda serta kemajuan teknologi, Millen­nials merupakan salah satu kunci keberhasilan bangsa Indonesia untuk memenang­kan masa depan.

“Potensi kita justru ada di era hari ini, di mana usia pro­duktif memuncaki keterse­diaan sumber daya. Kalau kita (Universitas Telkom) tidak segera mengambil langkah, kita bisa kehilangan moment­um pembentukan generasi yang luar biasa ini” lanjutnya.

Setidaknya, upaya pembangunan sumber daya manu­sia (SDM) telah dirancang sejalan dengan pendidikan nasional, tiga agenda nasional saat ini yang sangat terkait dengan SDM, yaitu pembangu­nan infrastruktur, ekonomi kreatif, dan ekonomi digital. Kesemuanya memerlukan kehandalan SDM. Sebagai pemeran utama ketiga agen­da nasional tersebut, gene­rasi Millennial harus mem­persiapkan dirinya dengan meningkatkan skill maupun ketahanan mentalnya untuk bersiap menghadapi tantan­gan besar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan