TPA Babakan Jadi Wisata Edukasi

jabarekspres.com, CIPARAY -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung akan mengubah  Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Babakan Jadi Wisata edukasi. Hal itu disampaikan Bupati Bandung H.Dadang M.Naser usai Sosialisasi pemanfaatan gas metan di TPA Babakan Kecamatan Arjasari, kemarin,1/8.

“TPA Babakan ke depan tak hanya sebagai lokasi pembuangan sampah.
Tetapi akan menjadi wisata edukasi. Jadi TPA tak hanya sebagai lokasi pengelolaan sampah, tetapi juga dirancang bisa menghasilkan gas metan (CH4) serta pupuk organik,” ungkap Bupati.

Dia menuturkan,  lahan sekitar 14 hektar itu merupakan tumpukan sampah, yang ditimbun sekitar 2 meter oleh tanah. Menurutnya dengan teknologi yang ada, kondisi tersebut  bisa menghasilkan gas metan yang bisa dimanfaatkan untuk masyarakat sekitar.

‘’Rencananya kita akan membuat TPA wisata edukasi, ke depan edukasi pengelolaan sampah akan dilakukan, bahkan bagaimana caranya membuat wisata edukasi TPA yang bisa mengangkat sektor ekonomi dan pemberdayaan masyarakat,” kata Bupati.

Selain itu tandasnya, sampah yang akan dikelola sebetulnya bisa sangat bermanfaat bagi masyarakat, Selain menciptakan TPA yang ramah lingkungan, kita akan menangkap gas metan dan dijadikan energi.

“Di sana nanti akan tumbuh ekonomi kreatif, karena sampah  tidak lagi menjadi momok menakutkan, tumpukan sampah dikelola dan berubah menjadi hijau seperti taman terbuka. Gas nya juga bisa dipakai untuk keperluan rumah kelaurga,” bebernya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup  (DLH) Asep Kusumah mengatakan, pengelolaan wisata edukasi TPA bisa dilakukan dengan alat-alat sederhana dan bermanfaat untuk masyarakat luas. ‘’Tanggapan sampah itu kotor, bau dan merusak lingkungan harus segera diubah. Dengan pengelolaan lingkungan yang baik dan teratur, masyarakat masih bisa mendapatkan manfaat secara luas dari sampah yang mereka buang,’’ katanya.

‎Sampai saat ini,  kata Asep pemanfaatan gas metan sudah di uji coba ke 3 rumah di desa Babakan. Dengan kompor sedernaha buatan DLH, gas metan bisa langsung dimanfaatkan.

“Untuk saat ini sudah tersedia jalur utama menuju area hangar ini, dan selanjutnya kami telah membuka penyaluran gas bagi  warga terdekat di TPA ini,”katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan