Tongsis Jadi Inovasi Dinas Pendidikan Kota Bandung

jabarekspres.com, BANDUNG – Dinas Pendidikan Kota Bandung meluncurkan Tongsis, di Balai Kota Bandung, kemarin (22/5). Inovasi berbasis aplikasi yang berarti Toong Siswa itu memudahkan orangtua mengetahui kondisi anak di sekolah.

Peresmian dilakukan langsung oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Disaksikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Elih Sudiapermana dan Sekretaris Dinas Pendidikan Mia Rumiasari, dan para pejabat dinas lainnya.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, aplikasi Tongsis dapat memudahkan bagi para orang tua siswa (SD hingga SMA) untuk melihat perkembangan anaknya dari segi akademis maupun sosial.

”Para orangtua siswa di kota Bandung ini sudah bisa download aplikasi toong siswa atau Tongsis ini. Dengan begitu, orangtua bisa mendeteksi siswa, dari mulai kehadiran hingga prestasinya. Jika sudah di-download, kemanapun anak-anaknya pergi bisa terlacak oleh sestem aplikasi Tongsis ini,” tuturnya.

Pria yang akrab disapa Emil ini merinci, dalam aplikasi Tongsis ini terdapat hasil-hasil studi anak, absensi dan prestasinya. Para orangtua bisa lebih update tentang perkembangan anak. Dengan begitu, bisa mendapat report rutin perkembangan anaknya.

”Silakan nanti bisa dilihat hasil report-nya. Orangtua juga bisa mengecek ulang dan bisa memberikan keterangan-keterangan siswa itu,” ujar Emil.

Dia menegaskan, bisa memonitor anaknya dari lokasi fisik sampai kepada perkembangan pendidikan anaknya.  ”Jadi ini inovasi ini merupakan inovasi yang luar biasa. Orang tua bisa lebih reug-reug dan anaknya bisa terjaga dari pendidikannya dan sosialnya. Untuk itu saya ingatkan lagi silakan download di playstore atau di web-nya Disdik Kota Bandung,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas pendidikan Kota Bandung Elih Sudiapermana menyatakan, Tongsis merupakan aplikasi yang diperuntukan bagi orang tua untuk noong (melihat) siswa dari sisi kahadiran di sekolah sampai prestasinya. ”Tetapi kita juga menyediakan informasi yang terkait dengan perkembangan siswa misalnya hasil studi yang dicapai,” ujar Elih

Orangtua, lanjut Elih, dengan aplikasi Tongsis bisa tahu anaknya sudah ada di kelas atau belum. Dengan launching ini sekolah sudah siap dan Disdik Kota Bandung sudah menjadwalkan secara khusus untuk menyosialisasikannya kepada orangtua siswa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan