Tol Sorojo Dibuka April

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Perjalanan dari Kabupaten ke Kota Bandung maupun sebaliknya, akan makin singkat. Hal itu karena adanya kemajuan pembangunan Jalan Tol Soroja.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa bahkan memprediksi tol tersebut bisa dipergunakan pada akhir Maret atau awal April 2017 ini. Bahkan sebut dia, hari ini (24/1) Pemprov Jabar dan Pemkab Bandung akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan masjid pengganti. Pada hari yang sama, pihak pengembang pun akan menuntaskan pembebasan 20 bidang lahan lain yang belum terbebaskan

Bila tol tersebut jadi beroperasi untuk umum pada April ini dipastikan kemacetan yang kerap terjadi di Jalan Kopo dan sekitarnya tidak akan terulang lagi.  ”Keberadaan tol Soroja, nantinya dapat mengatasi atau mengurangi kemacetan yang selama ini sering terjadi di Jalur Jalan Soreang-Bandung,” kata Sekda Jabar, Iwa Karniwa.

Selama ini sebut dia, kendala yang dihadapi para pengembang yakni terkendalanya pada pembebasan tiga titik tanah warga dan dua titik wakaf di Kecamatan Margaasih.  ”Alhamdulillah beban semakin sedikit karena salah satu masjid sudah mau dibongkar tinggal satu masjid lagi. Selain itu, lahan sisa akhirnya tuntas dibebaskan dengan nilai Rp 14 miliar,” tambahnya

Diakui Iwa, keberadaan dua tanah wakaf yang lahan dan bangunan Masjid Al Amanah dan Masjid Nurul Falah selama ini menjadi kendala utama dalam pembangunan Tol Soroja. Bahkan penyelesaian tanah wakaf itu terus berlarut-larut dan terus mengalami kegagalan meski sudah melibatkan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama.  ”Tapi Alhamdulillah, saya sudah dapat kepastian dari Pak Bupati Bandung bahwa tanah wakaf itu sudah selesai. Pembangunan bisa dilanjutkan,” jelasnya. (bbs/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan