Tol Soroja Dongkrak Potensi Ekonomi

jabarekspres.com, BANDUNG – Presiden Joko Widodo akan meresmikan jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja), hari ini (4/12). Peresmian dilakukan setelah sebelumnya, Presiden membagikan 10 ribu sertifikat tanah kepada Kabupaten Bandung.

”Betul, jam 1 siang (hari ini), Presiden Jokowi akan meresmikan Jalan Tol Soroja. Sebelumnya, Presiden akan membagikan sertifikat tanah,” ungkap Dirut PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ) Bagus Medi, kemarin.

Bagus mengatakan, tol terse­but akan memberikan kontri­busi yang besar bagi pereko­nomian Jawa Barat. Khususnya bagi warga Kabupaten Bandung.

Alhamdulillah, akhirnya tol Soroja ini bisa tuntas, ini akan berpengaruh pada peng­embangan potensi ekonomi. Bersyukur tentunya karena lebih cepat lebih bagus,” ujar Bagus.

Selain diresmikan Presiden Jokowi, sejumlah tokoh penting seperti Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Menteri Pe­kerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Bupati Bandung Dadang M. Naser juga diagendakan hadar pada peresmian tersebut.

Sebelumnya, Tim gabungan dari Badan Pengatur Jalan Tol, Kementerian Perhubungan, Dishub Jawa Barat dan Polda Jawa Barat telah melakukan uji laik terhadap Jalan Tol Soreang Pasirkoja (Soroja) yang memiliki panjang seki­tar 10,5 kilometer beberapa waktu lalu hasilnya jalan tol tersebut laik digunakan.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan sebelumnya juga telah menguji coba pemakaian jalan Tol Soreang-Pasirkoja pada Senin (27/11) lalu.

Waktu tempuh rombongan gubernur dari Pasirkoja ke Stadion Si Jalak Harupat ter­nyata hanya 10 menit meski dilakukan malam hari. Gu­bernur yakin, waktu tempuh di siang hari pun akan sama yakni 10-15 menit.

”Biasanya waktu tempuh melalui jalan Kopo itu bisa berjam-jam. Sekarang, dengan bakal beroperasinya Tol Soro­ja, kalau mau nonton Persib di Si Jalak Harupat cukup 10-15 menit saja,” papar pria yang akrab disapa Kang Aher itu.

Sementara itu, Sekda Ka­bupaten Bandung Sofian Nataprawira mengatakan, tol Soroja maka diharapkan bisa meningkatkan pereko­nomian masyarakat sekitar sekaligus kunjungan wisa­tawan ke destinasi wisata di wilayah Selatan. Tidak hanya itu, diharapkan akses jalur Soreang menuju Kota Bandung lebih lancar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan