Tol Soroja Diresmikan, Polsek Lakukan Rekayasa

jabarekspres.com, SOREANG – Untuk antisipasi dioperasikannya jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja), jajaran polres Bandung akan melakukan rekayasa jalur disejumlah titik jalan di wilayah kecamatan Soreang.

Berdasarakan pantauan Jabar Ekspres (Group Jawa Pos), Polsek Soreang dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung kemarin (7/11) melakukan uji coba langsung bagi para pengendara kendaraan bermotor.

Di temui di lokasi, Kapolsek Soreang, Kompol Richard Latue mengatakan, rekayasa jalur ini lebih difokuskan di jalan-jalan yang melintasi sekitaran Alun-alun Soreang, RSUD Soreang dan Polsek Soreang.

”Rekayasa dilakukan dititik yang dianggap macet. Bahkan, sebelum jalan tol ada pun kemacetan tak bisa dihindari,”jelas Richard.

Dia memprediksi, setelah nanti dioperasikan kemungkinan volume kendaraan menuju arah kawasan wisata Ciwidey bertambah,” ujar Richard di sela uji coba rekayasa jalur. Hal ini, kemungkinan bisa saja terjadi bila Tol Soroja sudah resmi dioperasikan, arus lalu lintas masyarakat Kota Bandung atau Jakarta yang mau berwisata akan semakin meningkat.

Selain itu, uji coba rekayasa jalur ini akan menjadi evaluasi untuk ke depannya. Apakah nantinya akan diberlakukan permanen atau dikembalikan ke jalur normal.

”Jadi ada jalur yang asalnya dua arah, kami coba rubah menjadi satu arah. Nanti akan dievaluasi lagi, jadi nanti kita lihat hasilnya,” katanya.

Dirinya memaparkan, di kawasan sekitar RSUD dan Alun-alun Soreang ini memang kemacetan sering terjadi di jam-jam sibuk. Hal ini terjadi bisa disebabkan kurangnya kesadaran pengendara.

”Penyebabnya pengguna jalan tidak disiplin, parkir sembarangan di pinggir jalan dan di titik yang dilarang, serta supir angkot sering mengangkut penumpang di sembarang tempat,” terangnya.

Sementara itu, Kasi Rekayasa Lalu Lintas Dishub Kabupaten Bandung, Isnuri Winarko menambahkan, dicobanya beberapa jalur menjadi satu arah dilakukan karena kondisi jalan yang sempit.

Isnuri menambahkan, sejumlah titik jalur direkayasa di antaranya jalan samping RSUD yang awalnya dilalui dua arah kini hanya bisa dilalui satu arah untuk kendaraan dari Ciwidey menuju Soreang, kemudian jalan depan Polsek Soreang yang semua satu arah ke bawah dari Ciwidey ke Soreang, kini ke atas dari Soreang menuju Ciwidey.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan