Tol Cipali Harus Terkoneksi ke BIJB

jabarekspres.com, BANDUNG – untuk memudahkan akses jalan raya, Pemprov Jabar menginginkan aagar keberadaan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) terkoneksi dengan Jalan Tol Cipali.

Gubernur Jawa Barat ahmad Heryawan mengatakan, langkah pertam,a untuk merealisasikan ini pihaknya akan segera membebaskan lahan jalan tol sepanjang 3 Kilometer.

“Kita nantinya akan dibuatkan jalan tol yang akan menghubungkan jalan tol cipali dengan BIJB, jadi nantinya ada akses langsung dari jalan tol cipali ke BIJB,” jelas Aher ketika ditemui kemarin (21/5)

Menurutnaya, pembangunan akses jalan tol langsung dari jalan tol Cipali ke BIJB tersebut adalah usulan dari pemerintah provinsi Jawa Barat pada saat rapat dengan presiden RI Joko Widodo baru baru ini.

Sehingga, dari hasil rapat terbatas tersebut disepakati untuk pembangunan jalan tol khusus yang menghubungkan jalan tol cipali dengan BIJB.

“Jalan tol Cipali harus ada jaminan kelancaran, maka akan dibuat jalan tol sepanjang 3 km dari cipali ke bandara, itu harus ada jalan tol. Itu kesepakan terbatas dengan presiden. Tidak boleh ada yang menolak siapapun,” jelas Aher.

Dselain itu, pembangunan akses jalan tol penghubung tersebut akan segera dilaksanakan melalui Badan Pengelola Jalan tol (BPJT) sekaligus akan memulai pembangunanya.

“Mudah mudahan itu bisa segera direalisasikan sehingga ada jaminan untuk kelancaran arus lalu lintas ke BIJB,” katanya.

Lebih lanjut Heryawan pun mengatakan, pihaknya mengapresiasi dengan pelaksanaaan topping off sekarang ini. Terlebih Tooping of menandakan tahapan tahapan pembangunan berjalan dengan baik.

“Kita bersyukur pembangunan berjalan sesuai rencana dan diselesaikan dengan baik, dan dipertengahan 2018 akan beroperasi. Itu harapan kita. Mudah mudahan tepat waktu, karena ini perjalanan sangat panjang,” katanya.

Dirinya menuturkan, pegembangan panjang runway atau landasan pacu pesawat tengah dilakukan. Dari yang semula 2500 meter menjadi 3000 meter.

“Runway hampir selesai, dan kita menyiapkan lahan supaya bisa runway nya bisa jadi 3000 meter sehingga BIJB bisa didarati oleh pesawat kapasitas jumbo,” katanya.

Menurutnya Jawa Barat memerlukan suatu bandara internasisonal yang cukup besar. Terlebih penduduk Jawa Barat sangat besar dan mencapai hingga 47,7 juta jiwa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan